gentasuri
 
Mbak Rosana ,

Puji Tuhan mbak terhindar dari bahaya kecelakaan kompor tersebut.

Saya juga mau sharing dengan teman-teman, pengalaman pribadi dalam kegiatan masak memasak saya J.

Karena pembantu sedang sakit dan pulang kampung, maka saya setiap pulang kantor harus menyediakan makan malam dan membereskan peralatan makan sebelum istirahat/nonton TV.  Suatu hari saya bawa pulang rawon untuk dinner, jadi setiba di rumah, saya bermaksud menghangatkan rawon sebelum dimakan.

Saya biasa memanaskan sup di pyrex supaya langsung bisa dihidangkan tanpa mengganti pinggan.

Setelah rawon mendidih dan siap diangkat, saya bergeser untuk mengambil glove anti panas – tiba2 terdengar ledakan keras dan pyrex pecah berkeping-keping.  Rawonnya langsung muncrat dan sebagian besar masuk ke pit kompor.

Saya selamat tanpa luka (tidak terkena pecahan kaca atau tersiram rawon p anas).  Bayangkan kalau saat itu rawon sudah saya angkat dan pyrexnya meledak di tangan saya.

Ternyata, saya salah menggunakan pyrex untuk memanaskan rawon.

Pyrex itu ada 2 macam :  tahan panas microwave (microwave ware) dan tahan panas di kompor (stove ware).

Microwave ware tidak bisa dipanaskan langsung di kompor  akibatnya akan seperti yang saya alami.

Selanjutnya, akibat tumpahnya kuah rawon, walaupun sudah dikeringkan sampai pit nya dibongkar, ternyata kompor kami 2 dari 4 pit nya tidak bisa otomatis menyala tanpa dibantu korek api.  Karena itu kami memanggil service man dari Ariston untuk memperbaiki.

Ketika dibongkar untuk di service, ternyata lapisan penahan panasnya sudah sobek dan pipa aliran gas 3 pit sudah terkoyak lapisan panasnya.

Serviceman menjelaskan, kompor bisa sewaktu-waktu meledak kalau over heated karena peredam panasnya tidak bekerja dan pipa gas di bawah pit oven dan 2  tungku lagi menempel pada saluran gas besar – sehingga berpotensi ledakan besar akibat pipa gas besarnya overheated.

Sambil menunggu spareparts dari kantor, mereka menyarankan kami tidak menggunakan kompor tersebut.  Saat ini kompor kami sudah diperbaiki dan 4 pit serta oven nya bekerja dengan baik kembali.

Tuhan Maha Baik, kami diberi kejutan kecil untuk menyadarkan kita agar terhindar dari kecelakaan yang lebih besar.

Saya ingin mengingatkan, service kompor gas periodically sangat perlu agar terhindar dari bahaya kebakaran.  (salah saya adalah, kompor itu sudah 4 tahun tidak di servis – maklum saya jarang masak, jadi tidak mikir kesitu).
 


Comments

Wed, 04 Aug 2010 01:22:25

Whoever is in a hurry shows that the thing he is about is too big for him.

 



Leave a Reply

nevia