gentasuri
 
Dear AI,


Kaki adalah   organ yang penting dan  paling sering  digunakan setiap hari tetapi  kadang-kadang sedikit mendapatkan perhatian. Kadang-kadang  kaki  kurang  terpelihara  dengan kuku yang panjang  berjamur, berbau dan  berlendir dan retak-retak  pada tumit.

Kesehatan kaki  yang  sehat  tidak  saja penting bagi  wanita tetapi  juga bagi pria apalagi  mereka yang  menderita  diabetes. Pada mereka mereka yang diabates  perlu sekali  pemeliharaan kaki  untuk menghidarkan terjadinya luka dan ganggrene yang bisa  berakibat   amputasi.

Demikian juga  kecantikan dan  kebersihan  bisa  dinilai dari kaki.  

Beberapa Tips Kesehatan dan  kebersihan kaki.

  1. Rendam air dalam air suam kuku yang  dicampur sedikit garam
  2. Kemudian lap kaki menggunakan handuk kecil  untuk melepaskan sel-sel kulit mati, kekotoran dan  kaki yang berlendir(sisa sabun yang masih melekat).
  3. Lakukan scrub kaki anda atau gunakan batu apung untuk  melepaskan bagian kulit yang  keras.
  4. Keringkan kaki dengan handuk yang bersih. Urut kaki dengan losien atau krim kaki
  5. Hindarkan memotong  kuku kaki dalam keadaan kering karena kuku mudah patah, retak, rusak dan  mudah terluka (dihidarkan terutama pada diabetes).
  6. Potonglah kuku sehabis mandi  atau  rendamlah kaki dalam air selama  15 menit sebelum memotong kuku.
  7. Hindarkan memakai sepatu yang sama selama  3 hari berturut-turut  untuk  mencegah kaki berbau asam oleh jamur atau timbulnya  athlete foot
  8. Jemur  sepatu anda paling  tidak setiap  2 minggu sekali.
  9. Gosok kaki  dengan minyak  zaitun setiap malam sebelum  tidur untuk melembutkan kulit kaki.

Mudah-mudahan berguna.

Salam

 

dr.Rudy Maulany

(dokter PBB)

 
Semoga bermanfaat.
GEJALA STROKE

Sewaktu pesta barbeque, seorang teman terjatuh - dia meyakinkan semua orang yang datang kalau dia tidak apa-apa dan katanya hanya
tersandung batu bata karena sepatu barunya (padahal mereka menawarkan memanggil paramedik).

Mereka membantunya membersihkan diri dan mengambilkan piring makanan baru. Meskipun terlihat sedikit terguncang, Ingrid meneruskan
menikmati sore itu.

Malamnya, suami Ingrid menelpon memberitahukan semua orang bahwa
istrinya telah dibawa ke rumah sakit - (pukul 6 sore besoknya, Ingrid meninggal).

Dia mendapat serangan stroke pada pesta barbeque. Kalau saja mereka tahu bagaimana mengenali tanda-tanda stroke mungkin Ingrid masih bersama kita hari ini.

Hanya membutuhkan satu menit untuk membaca ini.

Seorang ahli syaraf mengatakan bahwa kalau dia bisa menolong seorang korban stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan tersebut, dia bisa membalikkan pengaruh stroke.... secara total! Dia mengatakan bahwa triknya adalah mengenali dan mendiagnosa stroke dalam waktu 3 jam sejak serangan, yang sebenarnya merupakan hal yang sulit.

MENGENALI STROKE

Puji syukur kepada yang Maha Pencipta atas indera yang dapat mengingat TIGA hal berikut.

Baca dan pelajarilah!

Kadang-kadang gejala stroke sulit dikenali. Sayangnya,kurangnya kewaspadaan dapat mendatangkan bencana. Korban stroke dapat menderita kerusakan otaksewaktu orang-orang yang ada disekitarnya pada saat kejadian, gagal mengenali gejala-gejala stroke.

Sekarang banyak dokter mengatakan bahwa orang di sekitar korban dapat mengenali gejala stroke dengan menanyakan tiga pertanyaan sederhana ini:

1. Minta orang tersebut untuk TERSENYUM.

2. Minta orang tersebut untuk MENGANGKAT KEDUA TANGANNYA.

3. Minta orang tersebut untuk MENGUCAPKAN SEBUAH KALIMAT SEDERHANA (yang masuk akal), contoh: "Hari ini cerah." Blablabla... .

Bila orang tersebut tidak bisa melakukan apa yang kita minta diatas atau salah satunya segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama selanjutnya.

Seorang kardiolog berkata kalau setiap orang yang mendapatkane-mail ini mengirimkannya kembali ke 10 orang, kau bisa bertaruh bahwa setidaknya satu nyawa akan diselamatkan

Jadilah seorang sahabat dan bagikan artikel ini dengan sebanyak mungkin ke temanmu, kau bisa saja menyelamatkan nyawa mereka.


Be a better friend, newshound, and  know-it-all with Yahoo! Mobile.  Try itnow.
 
SIMPLE TREATMENT TO STOP TOUGH COUGHING AT NIGHT. 

 

VICKS VapoRub - INTERESTING

During a lecture on Essential Oils, they told us how the foot soles can absorb oils. Their example: Put garlic on your feet and within 20 minutes you can 'taste' it.

Some of us have used Vicks VapoRub for years for everything from chapped lips to sore toes and many body parts in between. But I've never heard of this. And don't laugh, it works 100% of the time, although the scientists who discovered it aren't sure why. To stop night time coughing in a child (or adult as we found out personally), put Vicks VapoRub generously on the soles of your feet, cover with socks, and the heavy, deep coughing will stop in about 5 minutes and stay stopped for many, many hours of relief. Works 100% of the time and is more effective in children than even very strong prescription cough medicines. In addition it is extremely soothing and comforting and they will sleep soundly.

Just happened to tune in A.M. Radio and picked up this guy talking about why cough medicines in kids often do more harm than good, due to the chemicals in them This method of using Vicks VapoRub on the soles of the feet was found to be more effective than prescribed medicines for children at bed time. In addition it seems to have a soothing and calming effect on sick children who then went on to sleep soundly.

My wife tried it on herself when she had a very deep constant and persistent cough a few weeks ago and it worked 100%! She said that it felt like a warm blanket had enveloped her, coughing stopped in a few minutes.So s he went from; every few seconds uncontrollable coughing, she slept cough-free for hours every night she used it.



If you have grandchildren, pass this on. If you end up sick, try it yourself and you will be amazed at how it works.

DON'T SHUN THIS ONE.. TRY IT THE NEXT TIME YOU GET A BAD COLD.
THE ONLY THING YOU CAN LOSE IS YOUR COUGH..


 

 

10 Tips Mencegah StrokeArtikel ArtikelTuesday, 08 September 2009 16:32  

1.    S = Keep Slim
 
2.    S = Low Salt and Low Fat Diet
   
3.    S = Free from Stress
   
4.    S = Good Sleep withoutSnoring
   
5.    S = Stop Smoking, Alkohol & Drug Abuse
   
6.    S = Low Sugar Diet
   
7.    S = Stop Sedentary Life
   
8.    S = Becareful sign of impending Stroke (TIA = Transient Ischemic Attack)
   
9.    S = Keep Balance and Harmony in Family Life, Sexual Life, and Social Life

10.    S = Keep Smile



By Dr. Hermawan Sp.S.
 
From: Billy [mailto:[email protected]]
Subject: Pertolongan Pertama Bila Orang Terkena Stroke

Pertolongan Pertama Pada Stroke

(Dengan cara mengeluarkan darah pada setiap ujung jari tangan dan ujung daun telinga).

Ada satu cara terbaik untuk memberikan pertolongan pertama kepada orang yang mendapat serangan STROKE.

Cara ini selain dapat menyelamatkan nyawa si penderita, juga tidak menimbulkan efek sampingan apapun. Pertolongan pertama ini dijamin merupakan  pertolongan GAWAT DARURAT yang dapat berhasil 100%.

Sebagaimana diketahui, orang yang mendapat serangan STROKE, seluruh darah di tubuh akan mengalir sangat kencang menuju pembuluh darah di otak. Apabila kegiatan pertolongan diberikan terlambat sedikit saja, maka pembuluh darah pada otak tidak akan kuat menahan aliran darah  yang mengalir dengan deras dan akan segera pecah sedikit demi sedikit.

Dalam menghadapi keadaan demikian jangan sampai panik tetapi harus tenang. Sipenderita harus tetap berada ditempat semula dimana ia terjatuh (mis: dikamar mandi, kamar tidur, atau dimana saja). JANGAN DIPINDAHKAN !!! sebab dengan memindahkan si penderita dari tempat semula akan mempercepat perpecahan pembuluh darah halus di otak.

Penderita  harus dibantu mengambil posisi duduk yang baik agar tidak terjatuh lagi, dan pada saat itu pengeluaran darah dapat dilakukan. Untuk yang terbaik menggunakan JARUM SUNTIK, namun apabila tidak ada, maka JARUM JAHIT / JARUM PENTUL / PENITI dapat dipakai dengan terlebih dahulu disterilkan dulu dengan cara dibakar diatas api.Segera setelah jarum steril, lakukan PENUSUKAN pada 10 UJUNG JARI TANGAN. Titik penusukan kira-kira 1cm dari ujung kuku. Setiap jari cukup ditusuk 1 kali saja dengan  harapan setiap jari mengeluarkan  tetes darah.


Pengeluaran darah juga dapat dibantu dengan cara dipencet apabila darah ternyata tidak keluar dari ujung jari. Dalam jangka waktu kira-kira 10 menit, si penderita akan segera sadar kembali.Bila mulut sipenderita tampak mencong / tidak normal, maka KEDUA DAUN TELINGA sipenderita HARUS DITARIK-TARIK sampai berwarna kemerah-merahan. 



Setelah itu lakukanlah 2 KALI PENUSUKAN pada masing-masing UJUNG BAWAH DAUN TELINGA sehingga darah keluar sebanyak 2 tetes dari setiap ujung daun telinga. Dengan demikian dalam beberapa menit bentuk mulut si penderita akan kembali normal. Setelah keadaan si penderita pulih dan tidak ada kelainan yang berarti,maka bawalah si penderita dengan hati-hati ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.Sebagai salah satu cara beramal bakti, sebaiknya e-mail ini disebarluaskan kepada teman-teman, keluarga dan relasi-relasi dan masyarakat luas,sebab serangan  stroke ini dapat terjadi pada siapa  saja dan dimana saja
 
pw_koslarang.pdf

 
Bagi yang suka makan pete ternyata banyak sekali lho khasiatnyaPetai, Si Bau yang Berkhasiat Besar..... > Anda semua pasti mengenal bahwa Petai (Pete) sebagai buah yang membuat bau mulut , bau kentut dan bau urin menjadi sangat tidak sedap.

Tapi mungkin banyak di antara anda tidak mengetahui bahwa pete mengandung 3 macam gula alami yaitu : sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.Kombinasi kandungan ini mampu memberikan dorongan tenaga yang instan, namun cukup lama dan cukup besar effeknya. Riset membuktikan dua porsi pete mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.


Makanya jangan heran jika pete adalah buah yang disukai oleh para atlet top. Penelitian juga membuktikan bahwa pete tidak hanya memberikan energi, namun juga mampu mencegah bahkan mengatasi beberapa macam penyakit dan kondisi buruk. Ini membuat pete menjadi salah satu makanan penting dalam makanan keseharian kita.

Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah  tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.PMS (premenstrual syndrome)Jika mengalami PMS saat 'tamu' datang, anda tidak perlu minum pil ini ataupun itu, cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah, yang dapat membantu mood.

Anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Tekanan darah tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Kemampuan otak

200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

Sembelit

Karena kandungan serat yang tinggi, maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksative.


Obat mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pete, yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh, sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.KekenyanganPete memiliki efek antasid pada tubuh, sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan atau terasa 'begah',perut seperti penuh, cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

Mual di pagi hari

Makan pete di antara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.


Gigitan nyamuk

Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk, coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

Untuk saraf

Pete mengandung vitamin B  dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

Kegemukan


Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.Laporan menyimpulkan bahwa, untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik, kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan  kadarnya tetap.Luka lambungPete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturenya yang lembut dan halus. Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.


Mengatur suhu tubuh

Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah 'dingin' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya, ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.Seasonal Affective Disorder (SAD) (penyakit emosional yang kacau)Pete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami, tryptophan.MerokokPete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin


Stress

Kalium adalah mineral penting, yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

Stroke

Menurut riset dalam "The New England Journal of Medicine," makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

Caplak

Mereka yang suka berpaling pada pengobatan alami akan berani bersumpah, jika anda ingin mematikan caplak, maka ambil sepotong pete, dan letakkan di caplak itu. Tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester!Setelah membaca semua fakta diatas maka anda harus percaya bahwa pete adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit.Jika anda membandingkannya dengan apel, pete memiliki protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.Pete juga kaya kalium dan merupakan salah satu buah yang mengandung zat-zat gizi yang baik.Jadi mungkin sekaranglah saatnya anda mengubah kata-kata yang sudah terkenal mengenai apel itu menjadi: "A Petai a day keeps the doctor away" (makan pete tiap hari akan menjauhkan anda dari dokter)Selamat makan petai!
 
BH-HMO <[email protected]> wrote: Subject: Beser Bisa Karena Ada Tumor! (2)
Date: Mon, 20 Jun 2005 11:13:52 +0700


Beser Bisa Karena Ada Tumor! (2)

Sementara pada incontinentia total, urine akan keluar terus-menerus. Dalam
beberapa kasus, pasien sadar akan kondisi tersebut tetapi tidak dapat
melakukan apa pun untuk mencegahnya. Pada kasus lainnya pasien sama sekali
tidak sadar kalau dia berkemih atau mengompol. Di luar kasus-kasus di atas,
incontinentia bisa terjadi karena kecelakaan. Ataupun sumbatan kandung kemih
lantaran terjepit sewaktu operasi caesar.

Bila diperhatikan, berbagai jenis incontinentia itu secara garis besar dapat
dibagi dua yaitu sementara dan menetap.

Pada incontinentia sementara sifat penyakitnya hanya sesaat dan segera
hilang setelah penyebabnya disingkirkan. Misalnya karena infeksi saluran
kemih atau pada vagina.

Dalam hal incontinentia menetap, penyebabnya lebih banyak karena kelainan
anatomi tubuh dan sifatnya menetap. Apabila gejalanya tidak diobati,
incontinentia akan tetap ada. Beberapa penyebabnya antara lain: kelemahan
otot dalam menahan kandung kemih, kelemahan kandung kemih sendiri, kelemahan
otot sphincter, kelemahan saluran kencing, atau penyumbatan pada uretra.

Secara statistik, Djoko tidak dapat memastikan berapa banyak penderita
gangguan kencing ini. Hanya saja di RS Sumber Waras tercatat 300 penderita
prostat per tahunnya, di mana 10 persennya diketahui menderita incontinentia
paradoxial.

Sebagai gambaran, di AS saat ini terdapat 1 3 juta orang terkena
incontinentia urinary. Dari jumlah itu 85% atau 11 juta diidap oleh wanita.

Walau bukan penyakit yang mematikan, incontinentia berdampak buruk bagi
seseorang. Penderita akan terganggu lantaran harus sering pergi ke kamar
kecil.

Penderita yang tidak bisa kencing, biasanya langsung minta pertolongan ke
dokter. Di sini 'burung' pasien akan dimasuki selang sampai di kantung
kencing. Agar tidak terasa sakit, selang itu dilapisi jeli yang berfungsi
sebagai penghilang rasa sakit. Toh, ini cuma pertolongan pertama. Pembesaran
prostatnya sendiri perlu dioperasi. Caranya, dikerok sedikit demi sedikit
lewat cara endoskopi.

Pada kasus infeksi yang ditandai dengan adanya sel darah putih dalam air
seni, langkah pertama adalah memeriksa biakan kuman dari urine. Jika biakan
ini tumbuh, pasien diterapi dengan obat pembasmi kuman selain diberi obat
supaya kantung kencing tidak sering berkontraksi. Pasien disarankan banyak
minum, dengan begitu produk air seninya banyak dan ginjal seperti dicuci
bersih. Sedangkan pada karsinoma insitu pengobatan umumnya melalui operasi.

Yang perlu diingat, penderita yang baru pertama kali mengalami, bisa datang
ke praktek dokter umum. Tetapi bila tidak kunjung sembuh, sebaiknya masalah
itu dikonsultasikan ke dokter ahli urologi. Siapa tahu ada penyakit serius
yang tersembunyi. (intisari)
 
BH-HMO <[email protected]> wrote: Subject: Beser Bisa Karena Ada Tumor! (1)
Date: Mon, 20 Jun 2005 11:12:33 +0700


Beser Bisa Karena Ada Tumor! (1)

kecil alias beser atau
Tampaknya sepele, tetapi bila Anda sering buang air tak mampu menahan keluarnya air seni, sebaiknya hati-hati atau segera kunjungi dokter. Siapa tahu ada penyakit yang lebih serius sedang mengintai.

Seorang pasien wanita datang ke klinik urologi di suatu rumah sakit. Ia mengeluh sering sekali berkemih. Bahkan ketika merasakan ingin buang air kecil, air seninya sudah keburu keluar sebelum sampai di kamar kecil. Pasien lain merasa sakit ketika buang air kecil. Sementara seorang bapak bertutur,tiap kali ia kencing selalu terasa tidak tuntas. Keluhan ketiga pasien itu sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti dilaporkan Berita Ikatan Dokter Indonesia (Bidi), Mei 1999.

Dalam takaran normal, pembuangan air seni kira-kira 1,5 liter atau 4 - 5 kali dalam sehari. Ini sesuai daya tampung kantung kencing yang sebesar 300cc. Di atas 10 kali bisa dianggap tidak normal. Nah, kalau sering kencing melebihi patokan itu, Anda harus waspada. Barangkali ada sesuatu yang kurang beres menyangkut organ atau sirkulasi air seni Anda.

Honeymoon cystitis

* Menurut dr. Djoko Raharjo, ahli urologi dari RSCM-FKUI Jakarta, penyebab sering beser bermacam-macam dan tergantung pula pada jenis kelamin.

Yang paling kelihatan justru pada penderita kencing manis. Soalnya, gejala penyakit gula di antaranya ialah banyak minum, mudah lapar, dan sering kencing.

"Jadi, orang yang beser pertama-tama yang harus dicurigai apakah dia menderita penyakit gula atau tidak."

Gangguan beser juga sering menimpa wanita muda lantaran adanya peradangan dalam kantung kencing yang disebut cystitis. Penyebabnya kuman yangbergentayangan di dalam kantung kencing dan menimbulkan infeksi. Prosesnya bisa dalam hitungan jam dan dipermudah karena saluran kencing wanita itu pendek. Penyakit ini juga suka menyerang pasangan yang baru menikah, oleh karena itu juga disebut honeymoon cystitis.

Pada wanita paruh baya pemicu cystitis lain lagi. Pada mereka peradangan ini lebih karena berkurangnya pasokan hormon estrogen. Ujung-ujungnya selaput lendir menjadi kering dan sempit. Kekeringan ini membuat saluran kencing menjadi kaku dan mempermudah terjadinya infeksi.

Yang lebih ditakutkan menurut Djoko, adalah beser karena adanya kelainan serius pada kantung kencing, semisal tumor. Dalam kasus ini, dokter akan memeriksa air seni dengan lebih cermat. Bisa dengan mata telanjang ataupun melalui bantuan mikroskop. Jika terdapat sel darah putih di dalam air seni, bisa dipastikan ada tumor, khususnya karsinoma insitu.

Gangguan kencing juga banyak melanda pria di atas usia 50 tahun yang sebagian besar akibat pembesaran (hypertrophy) prostat. Tanda-tandanya, beser tidak tuntas, selalu ada sisa, dan sering disertai rasa sakit saat kencing. Pembesaran prostat ini lantaran ada kegiatan hormon testosteron yang diubah menjadi hormon dehidrostestosteron di dalam sel prostat. Zat ini
masuk dalam inti sel dan bereaksi dengan ribonucleic acid (RNA) dan terjadi sintesa protein yang menyebabkan pembesaran prostat.

Lelaki mana pun bisa terkena. Pada dasarnya semua pria sehat di atas usia 40 tahun cenderung mengalami pembesaran prostat. Tapi kira-kira hanya 10 persen yang mengalami gangguan.

Pembesaran prostat secara perlahan akan menyumbat saluran kencing sampai pada suatu saat penderita tidak bisa buang air kecil. Ini membuat kantung kencing menjadi penuh. Akibatnya, seperti bak mandi yang diisi penuh, luber. Maka yang dirasakan penderita adalah seperti buang air kecil terus-menerus.

Gara-gara batuk

* Dalam dunia kedokteran, kondisi tidak bisa menahan kencing diistilahkan dengan incontinentia urinary. Keadaan luber macam bak mandi itu diistilahkan dengan incontinentia paradoxical.

Disebut paradoks karena tersumbat tetapi kenyataannya air seni keluar tanpa bisa ditahan. Bila seseorang terkena penyakit ini, ia merasa tidak pernah dapat mengosongkan kandung kemih dengan tuntas, disamping seringnya berkemih dalam jumlah kecil sepanjang hari.

Jenis incontinentia lainnya adalah tipe desakan. Pada kasus ini orang akan buang air kecil segera setelah merasakannya. Kadang-kadang, air seni berceceran keluar sebelum penderita tiba di kamar mandi. Sementara pada orang tua lantaran otot sphincter (semacam klep)-nya ngadat, maka bisa timbul incontinentia desakan. Pada dasarnya otot itu baru bekerja bila ada aliran kencing, tetapi pada orang tua yang pikun mekanisme ini kadang tidak berjalan.

"Jadinya, hanya gara-gara batuk atau tertawa panjang, air seni bisa keluar,"papar dr. Djoko.
 
Parasetamol Dapat Merusak Paru-Paru
Publikasi: 20/06/2005 11:04 WIB

eramuslim
, Parasetamol memang sangat manjur untuk menghilangkan rasa sakit kepala, pusing atau demam. Tapi, dibalik keampuhannya tersebut, ternyata menyimpan bahaya yang cukup besar yakni dapat menurunkan fungsi paru-paru.

Hampir setiap obat sakit kepala dan demam yang dijual secara bebas pasti mengandung parasetamol, hanya saja kadarnya yang berbeda. Memang diakui, parasetamol terbukti sangat efektif untuk menghilang rasa nyeri dalam waktu singkat.

Meski demikian, jangan gunakan obat ini secara rutin. Apalagi bagi penderita penyakit asma dan penyakit paru obstruktif menahun atau chronic obstructive pulmonary disease (COPD). Karena, bila obat ini digunakan setiap hari, dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru.
Hasil ini berdasarkan data survei yang dikumpulkan oleh 'Third National Health and Nutrition Examination Survey' dari tahun 1988-1994 pada sekitar 13.500 orang dewasa di Amerika Serikat. Mereka semua memberikan informasi akan obat yang dipakai yaitu Aspirin Parasetamol dan Ibuprofen.


Dari data survey ini terlihat bahwa mereka yang menggunakan obat Parasetamol, mengalami resiko untuk menderita Asma dan COPD yang lebih tinggi. Dan pada penggunaan Parasetamol rutin setiap hari atau penggunaan lebih besar, dihubungkan dengan terjadi penurunan dari fungsi paru. Sedang pada obat Aspirin dan Ibuprofen, tidak terlihat adanya gangguan dari paru.

Penelitian yang dilakukan pada hewan, dosis tinggi dari Parasetamol akan menurunkan kadar dari salah satu antioksidan yang penting, yaitu Glutathion, yang ada pada jaringan paru. Jadi, kemungkinan gangguan paru yang terjadi akibat pemakaian rutin Parasetamol disebabkan karena terjadi penurunan Glutathion, yang menyebabkan peningkatan resiko dari kerusakan jaringan paru dan peningkatan dari penyakit pernafasan. Penelitian ini mendukung penelitian sebelumnya, yang menyatakan bahwa penggunaan Parasetamol dapat meningkatkan resiko yang berat bagi penderita asma.

Bahaya Parasetamol atau yang disebut juga Asetaminofen, ternyata tidak hanya menyerang paru-paru saja, termasuk juga ginjal bila digunakan dalam waktu yang lama. Kebiasaan menggunakan Parasetamol, terutama bagi kaum wanita untuk menghilangkan nyeri seperti pada saat haid, dinilai sangat membahayakan. Penelitian ini dilakukan terhadap 1.700 wanita yang diteliti selama lebih dari 11 tahun, yang mengalami penurunan fungsi filtrasi ginjal sebesar 30 persen. Dari penelitian terlihat bahwa wanita yang mengkonsumsi Parasetamol sebanyak 1.500 - 9.000 butir selama hidupnya, berisiko untuk mengalami gangguan ginjal sebesar 64 persen.

Sedangkan untuk mereka yang mengkonsumsi lebih dari 9.000 tablet, risiko ini meningkat hingga dua kali lipat. Tapi penelitian ini tidak menunjukkan adanya hubungan antara gangguan fungsi ginjal dengan Aspirin atau obat pereda nyeri/inflamasi lainnya seperti golongan anti inflamasi non-steroid. Penelitian ini bukan untuk menghentikan penggunaan Parasetamol. Tapi untuk berhati-hati dalam menggunakannya untuk jangka panjang. Selain itu bagi para peneliti, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan pengobatan lain dalam mengatasi rasa nyeri, yang tidak berbahaya bila digunakan untuk waktu yang lama. (to/is)

nevia