gentasuri
 
Yang kerja di baygon menulis ini untuk anda

Buat pengetahuan seluruh keluarga nihh....
Dari si penulis yang kerja di Baygon.
Mudah2an artikel dibawah ini bisa bermanfaat..

.......... Agak ragu saya menulis artikel ini karena menyangkut
pekerjaan yang saya geluti. Tapi sebagai orang yang sedikit banyak tahu saya merasa berdosa bila tidak menyampaikannya. Silakan di forward bila perlu...
Seberapa sering anda memakai obat nyamuk? Apa mereknya? Apa jenisnya? Ampuhkah? Berapa harganya?
Itulah pertanyaan yang sering muncul tentang obat nyamuk.
Tapi, berapa banyak yang bertanya: AMANKAH?

Saya harus bilang bahwa saat ini boleh dibilang tidak ada satu pun obat nyamuk di Indonesia yang benar2 ampuh dan AMAN.
Prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN, dan tidak ada racun yang benar2 aman.

Saya sedih melihat iklan2 di TV dan media lain yang menyesatkan. Tahu iklan Baygon terbaru tentang Baygon biru yang tidak bikin batuk or wanginya segar? Itu iklan yang keterlaluan dan sangat menyesatkan, karena seolah2 dengan menggunakan Baygon biru kita boleh tetap berada di ruangan saat penyemprotan terjadi.. Saya sudah protes Intern tapi tidak serius ditanggapi.

Baygon mengandung 2 racun utama, yaitu Propoxur dan transfluthrin.
Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik. Sedangkan transfluthrin relatif aman hingga saat ini. Saya pernah kerja di pabrik propoxur for more than 1.5 years so I know much about this. Saya juga pernah "mabuk" propoxur karena menyentuhnya dengan tangan yang sudah menggunakan sarung tangan... 7 hari panas dingin gak keruan.

Kalau yang lain bagaimana? HIT yang promosinya sebagai obat nyamuk ampuh dan murah memang benar, bahkan sedikit lebih ampuh dari Baygon, tapi sangat berbahaya karena bukan hanya menggunakan Propoxur, tapi juga DDVP atau dichlorvos-zat turunan chlorine yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Murah tapi berbahaya. Pilih mana?
Sedangkan obat nyamuk lain seperti Baygon tutup hijau, Vape, Raid dan Mortein memang non-propoxur dan non-DDVP, tapi keampuhannya sangat diragukan. Mereka hanya efektif melawan nyamuk Aedes, tapi berantakan saat melawan nyamuk Culex sp (ini nyamuk malam yang sering gangguin kita).
Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa kita tidak boleh berada di ruangan tsb selama bau masih tercium, kurang lebih selama 1 jam...
Obat nyamuk tipe lain bagaimana? Sama saja.
Obat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racun, jenis electrik pun tetap menghasilkan racun (HIT bahkan menggunakan propoxur untuk obat nyamuk elektriknya) ... Penggunanaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan.

Kalau reppelent atau penolak nyamuk seperti Autan, Sari Puspa/Soffell,
atau Lavender gimana? For your info: Ketiganya mengandung racun bernama Diethyltoluamide atau DEET. DEET ini sangat korosif, Autan tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan minggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu kena kulit kita?
Jadi, sekali lagi telah terjadi pembohongan publik lewat iklan anti nyamuk yang lembut bagi kulit. Mana mungkin zat yang jelas2 merusak kulit dapat merawat kulit. Bahkan setelah ditambahi embel2 menggunakan Aloe Vera atau zat pelembab lain, tetap saja berbahaya. Jangan gunakan pada kulit yang sensitif atau anak di bawah usia 2 tahun.

Jadi, gimana? Back to nature, kalau malam pakai kelambu.
Kalau siang pakai tangan or raket listrik. Obat nyamuk hanya
digunakan bila gangguan memang sudah tak terkendali atau melebihi batas toleransi dan GUNAKAN DENGAN CARA YANG AMAN... Jangan pernah berfikir racun itu aman... Beberapa memang ampuh. Tapi tak ada yang benar2 aman... Pilihlah yang efek racunnya paling kecil.
Jika sekadar untuk mengendalikan (bukan membasmi, sebab kalau nyamuk habis, maka selesai pulalah pekerjaan orang2 seperti saya) nyamuk, maka pilihan terbaik adalah Baygon Tutup hijau (racunnya transfluthrin dan Cyfluthrin) Vape or Mortein.
Kalau perlu mengendalikan kecoa, maka Baygon selain tutup hijau dan Mortein adalah pilihan terbaik.
Kalau obat nyamuk bakar sih hampir sama semua...
Obat nyamuk elektrik pilihannya ada pada Baygon or Vape.
Sedangkan lotion penolak nyamuk antara Sari Puspa or Autan (kandungan
DEET 13 dan 12.5, sedangkan Lavender hingga 15).
Semuanya terserah anda ...........
 
 
Anak saya yang berumur 26 tahun memutuskan untukmembuat minuman kopi. Ia mengambil secangkir air & dipanaskan ke dalam microwave untuk dipanaskan sampai mendidih (sebagaimana sering dia lakukan sebelumnya). Saya tidak tahu pasti berapa lama dia mengeset timerpada microwave tersebut, tetapi dia mengatakan kalau dia ingin air tersebut mendidih. Ketika timernya sudah otomatis mati, dia mengambil cangkir tersebut dari dalam oven. Dia lihat ke dalam cangkir, dan nampak bahwa air dalam cangkir tidak mendidih, tetapi
tiba-tiba air di dalam cangkir "muncrat" ke wajahnya. Cangkir tersebut masih tetap dipegang sampai dia melemparkan dari tangannya, tetapi semua air panas tersebut telah muncrat ke wajahnya karena adanya
energi.


Semua wajahnya melepuh dan dia mengalami luka bakar (kulit ari) dan kulit jangat melepuh ber-air, yang mungkin akan meninggalkan bekas luka. Dia juga hampir kehilangan sebagian penglihatan pada mata kirinya. Sewaktu di rumah sakit, dokter yang merawatnya mengatakan bahwa hal ini sering terjadi, dan seharusnya tidak memanaskan air(hanya air) didalam microwave oven. Jika air dipanaskan dengan cara ini (dalam microwave), sesuatu harus dimasukkan ke dalam cangkir untuk bisa men-difusi-kan energi seperti stik kayu, tea bag (teh celup), dll. Tetapi akan lebih aman kalau mendidihkan air pada ketel air. Mohon teruskan informasi ini kepada semua rekan dan keluarga. Respon dari General Electric :Terimakasih untuk kontak dengan kami, Mr. Williams.Kami sangat senang dapat membantu anda. Email yang anda terima adalah benar. Memasukkan air dan cairan lainnya ke dalam microwave tidak selalu nampak mendidih (ada gelembung-gelembung udara) pada saat mencapai titik didihnya. Air/cairan tersebut dapat mengalami "superheated/super panas" dan sama sekalitidak mengeluarkan gelembung-gelembung air. Cairan yang mengalami "superheated/super panas" akan menggelembung/ muncrat saat cangkir dipindahkan atau saat sesuatu seperti sendok atau teh celup dimasukkan ke dalamnya. Untuk mencegah hal ini terjadi dan mengakibatkan cedera, jangan memanaskan cairan apapun ke dalam microwave lebih dari 2 menit untuk setiap cangkir. Setelah pemanasan, biarkan cangkir tersebut tetap di dalam microwave untuk sekitar 30 detik sebelum memindahkan atau menambahkan sesuatu ke dalam cangkir tersebut. Saya harap ini dapat membantu.
 
 
Asunto: [IKAMI] Ngetes HP ASLI atau BAJAKAN  

Pls try deh.....

 

-------Original Message----- --

 

From: Anang AREMA

Date: 09/18/07 10:25:40

 

 

CARA UNTUK MENGETAHUI  HP ANDA ORIGINAL ATAU BLACK MARKET (BAJAKAN )

HPnya harus yang GSM, bukan CDMA...

Would like to know your mobile is original or not?!

 

Type :       * # 06 #

 

After you enter the code you will see a new code contain 15 digits:

               4 3 4 5 6 6

1 0 6 7 8 9 4 3 5

 

IF the digit number Seven & Eight is 02 or 20 that mean it was Assembly on

Asia which is very Bad quality :

 

IF the digit number Seven & Eight is 08 or 80 that mean its manufactured

in  Germany which is not bad

 

IF the digit number Seven & Eight is 01 or 10 that mean its manufactured  

in Finland which is Good.

 

IF the digit number Seven & Eight is 00 that mean its manufactured in

France which is the best Mobile Quality .... :

 

............ ...... Try it.......... ........

 

NB : Kalo ngga ada dari salah satu yg diatas, berarti hp anda bodongan Nggak Jelas.

 
 
AYO SELAMATKAN BANGSA KITA !!!, MULAILAH DARI DIRI ANDA.

 
TERUSKAN EMAIL INI KE TEMAN-TEMAN ANDA SEBANYAK-BANYAKNYA

Ada langkah lain yang perlu kita lakukan untuk menyelamatkan bangsa kita:

 1. Yang mempunyai deposito bertahanlah dengan deposito anda. Jangan ambil uang anda dari bank. Jika anda ikut ikutan mencairkan dana anda maka akan terjadi bank rush, dan krisis keuangan akan semakin parah.

 2. Yang memiliki saham dan turunannya, jangan menjual saham dan derivasinya. Jika anda ikut ikutan menjual saham dan turunannya,maka harga saham akan semakin ambruk, dan krisis akan sungguh terjadi semakin parah.

3. Jangan ikut ikutan memborong dolar. Jika anda ikut ikutan memborong dolar, maka harga dolar akan semakin tinggi dan rupiah semakin terpuruk. Harga barang impor akan semakin mahal, dan inflasi dalam negeri akan semakin menggila.

4. Jangan panik. Jika anda tidak panik, maka krisis akan cepat berlalu.
Perekonomian akan cepat pulih. Harga saham akan cepat rebound. Dolar  akan cepat menyesuaikan diri pada kurs yang rasional. Cadangan devisa kita cukup kuat. Jika anda panik dan ikut ikutan menarik deposito, menjual saham dan memborong dolar, maka anda ikut memberikan kontribusi pada semakin dalamnya krisis di Indonesia .
Tetapi tentu ini merupakan pilihan bebas. Tidak ada yang dapat melarang anda. Hati nurani yang bicara. Pilihan yang sulit bagi yang berduit tetapi silahkan memilih.

Krisis keuangan global kian menebar ancaman menjadi krisis ekonomi
global yang tidak main-main, bursa saham guncang dan nilai tukar Rupiah semakin melemah, ini semua menjadi indicator bahwa akan ada bencana baru yang siap menerkam.

Para kaum Kapitalis yang ingin meraup keuntungan dengan cara cepat dan menjadi SERAKAH akhirnya menjadi sumber dari segala krisis yang kita belum tau kapan akan berakhir.

Pertanyaannya adalah apa yang bisa kita lakukan untuk ikut membantu agar krisis ini tidak menghancurkan sendi-sendi perekonomian Bangsa ini?

Tentu kita tidak ingin ini menjadi periode 10 Tahunan (1998-2008), mimpi kelam krisis ekonomi 10 tahun lewat tentu tidak ingin kita munculkan kembali, tapi jika Anda tidak peduli maka bisa saja hal ini akan terjadi!!!!

Dan jika itu terjadi maka Bangsa ini akan semakin terpuruk, akan muncul PHK besar-besaran, sector riil yang tidak bergerak, system perbankan yang sudah tidak dipercaya lagi dan akhirnya kita kembali ke NOL lagi.

Jika Anda masih mencintai Bangsa ini maka ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, paling tidak MULAILAH DARI DIRI ANDA SENDIRI..!! , contoh kecil sbb : Jika Anda seorang awam sebagaimana saya, maka yang bisa kita lakukan adalah :

Gunakanlah PRODUKSI DALAM NEGERI dalam semua aktivitas hidupmu, dengan langkah ini akan menyelamtkan Sektor Riil, usaha-usaha kecil akan berkembang, dan akhirnya kita bisa berdiri tegak dan mengatakan

>> KITA BISA HIDUP DARI NEGERI KITA SENDIRI.
>> Langkah kecil lain jangan sok mengkonsumsi produk makanan luar negeri, jika anda senang makan Durian tidak perlu durian Bangkok Thailand cukup durian local toh tidak kalah rasanya, jika senang makan Jagung? Tidak perlulah Jagung Thailand cukup jagung local, tidak perlu makan-makan di outlet2 dengan brand luar negeri, toh ayam kampung kita tidak kalah nikmatnya, hal kecil ini kadang tidak kita sadari tapi ketahuilah EFEK nya sangat luarbiasa, anda bisa bayangkan jika semua anak bangsa ini berfikiran sama, jika anda konversikan dengan modal yang beputar maka Anda akan kaget dan heran akan IMPACT yang sangat luar biasa, yakin dan percayalah dengan cara kecil ini Krisis ini tidak akan terjadi DISINI di BUMI INDONESIA. Gunakan angkutan Massal jika itu anda bisa lakukan, itu akan membantu untuk mengurangi konsumsi energi yang luar biasa yang sebetulnya tidak perlu, disamping mengurangi polusi, jangan lupa disamping krisis keuangan yang berpotensi menjadi krisis Ekonomi kita juga dihadapkan
dengan krisis Energy..!! kenyamanan mungkin belum kita pikirkan
sekarang, percayalah bahwa aroma sesaknya penumpang di Angkot dan bus-bus itu masih menimbulkan secercah harapan bahwa sector riil kita masih bergerak.

Berbelanjalah di pasar-pasar tradisional, berdayakan warung-warung kaki lima , percaya atau tidak Ekonomi Kerakyatan terbukti mampu menyelamatkan perekonomian kita.

Jika Anda seorang pelaku bisnis maka tolong jangan hanya memikirkan
untuk meraup keuntungan pribadi semata-mata hanya dengan memikirkan Import barang-barang murah yang hanya akan menghancurkan produk dalam negeri, jangan lari dari tanggung jawab dengan membawa lari modal ke luar negeri, ingat menjaga, mengusahakan agar Capital Inflow akan lebih bijkasana dan akan sangat membantu Negeri ini, jangan biarkan capital outflow terjadi itu sama dengan menghancurkan perekonomian Rakyat LET' SAVE OUR NATION, START FROM YOUR SELF!!!!

Lakukan hal sederhana ini maka Anda akan lihat akibat penyelamatan yang luar biasa.

Dengan meneruskan pesan ini ke relasi dan sahabat Anda, berarti Anda
sudah ikut mengingatkan Saudara Sebangsa Kita untuk Ikut PEDULI
menyelamatkan Bangsa ini.

TERUSKAN EMAIL INI KE TEMAN-TEMAN ANDA SEBANYAK-BANYAKNYA
 
 
cr028-_kamasutra.pps
File Size: 434 kb
File Type: pps
Download File

 
 
Rumus 1234 Cara Pengelolaan Keuangan Mandiri

Banyak orang yang memiliki pendapatan dengan jumlah yang sangat menakjubkan, tetapi tidak sedikit pula dari mereka yang tidak mendapatkan hal-hal yang berarti dengan pendapatan besar yang diperolehnya.

Lalu bagaimana cara bijaksana untuk mengatur keuangan kita?

M. Maulia Mansuri, dengan rumus 1234-nya akan bersama-sama dengan anda untuk membahas bagaimana cara mengelola keuangan kita secara tepat dan sangat mudah untuk diaplikasikan.

Penasaran...? mari kita simak penuturannya berikut ini... 

Rumus 1234

Ya, rumus 1234 sangat mudah untuk diingat bukan?


Sebelum kita memulai belajar bagaimana mengelola keuangan kita secara bijaksana, mari kita susun terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan yang biasanya kita bayar dengan penghasilan (gaji) kita.

- Bayar listrik

- Bayar telepon

- Beli Bensin

- ......

O... , bukan itu yang saya maksud.

Kebutuhan yang seharusnya ada adalah :

Bagaimana seandainya kita dikaruniai umur yang panjang sementara kita sudah tidak bisa bekerja lagi? Apakah kita mau bergantung pada orang lain? (entah anak, saudara kita, pemerintah) Pertanyaan berikutnya adalah Apakah mencukupi untuk menutup kebutuhan kita pada saat itu?


Yang ini kebalikan dari yang pertama, kita tidak diberi umur panjang. Kita ditakdirkan untuk meninggal di usia muda, tetapi ironisnya kita sudah mempunyai tanggungan istri dan anak-anak yang masih kecil, dan yang lebih parah lagi kita tidak atau belum meninggalkan sesuatu yang dapat diandalkan oleh anak istri kita untuk mencukupi kebutuhan mereka setelah kita tinggalkan. Bahkan meninggalkan utang yang tidak sedikit jumlahnya.
Okey..., kita langsung saja ke rumus yang pertama.

Masih ingat nama rumusnya? Ya, Rumus 1234.


Yang pertama adalah angka 1.

Angka 1 mewakili bagian 10% dari total pendapatan kita.

Minimal 10% dari pendapatan kita, sisihkan untuk kebutuhan hari tua kita. Ya kita pasti akan pensiun atau berhenti kerja. Entah karena masa pensiun sudah tiba, atau terkena PHK, bahkan meninggal dunia.

Kapan tabungan hari tua ini boleh diambil?

Tabungan hari tua kita tidak boleh diambil sebelum jumlahnya sangat besar sehingga bunganya saja sudah dapat mencukupi kebutuhan hidup kita dan keluarga kita. Paham...?

Berikutnya adalah angka 2. (pastinya!)

Angka 2 mewakili bagian 20% dari total pendapatan kita. (tentu dong, biar mudah diingat)

Kita masih berbicara mengenai tabungan.

20% dari pendapatan kita, alokasikan untuk dana cadangan.

Kita harus mengumpulkan dana cadangan sampai jumlahnya sebesar 5 sampai 6 kali dari rata-rata penghasilan kita dalam sebulan.

Dana cadangan ini berfungsi untuk berjaga-jaga seandainya terjadi sesuatu yang tidak terduga. Misal, mobil tabrakan atau anak sakit. Kita dapat menggunakan dana cadangan ini sehingga kita tidak usah kebingungan untuk mencari utangan ke sana-sini.

Tentunya setelah dana cadangan ini berkurang, harus secepatnya ditutup kembali dengan anggaran 20% pendapatan kita.

Kita boleh berhenti menabung 20% pendapatan kita untuk Dana Cadangan ini setelah besarnya mencapai 5 sampai 6 kali dari rata-rata penghasilan kita dalam sebulan. Setelah itu kita boleh gunakan anggaran 20% kita untuk hal-hal yang kita impikan (rumah baru, mobil baru, handphone baru, asal bukan istri baru...) dengan catatan tidak mengurangi Dana Cadangan kita yang sudah terkumpul.

Sampai di sini tentunya cukup mudah bukan?
 
Selanjutnya angka 3,

Angka 3 mewakili bagian 30% dari total pendapatan kita. (sudah mulai hafal ya...!?)

Sekarang kita berbicara kegemaran sebagian orang baik itu pria maupun wanita, yaitu hobi manusia masa kini : berutang!

Mengapa saya bilang kegemaran semua orang? 

Wanita hobi berbelanja pakaian, barang-barang rumah tangga, peralatan kosmetik, dll. Sedangkan Pria tidak dapat menahan diri ketika melihat barang-barang elektronik di pasar swalayan.

Kemudahan berbelanja secara kredit (sebagian karena kartu kredit) telah banyak menjerumuskan banyak orang, terutama kalangan menengah ke atas untuk berperilaku konsumtif.

Boleh-boleh saja selama cicilannya tidak melebihi batas 30% dari total pendapatan kita selama 1 bulan (tentunya dengan mempertimbangkan kebutuhan rutin bulanan kita lainnya).

Ingat!, apabila cicilan yang kita keluarkan per bulannya melebihi dari anggaran 30% dari total pendapatan kita, maka waspadalah karena kondisi keuangan anda sudah tidak sehat.

Yang terakhir, Angka 4.

Angka 4 mewakili bagian 40% dari total pendapatan kita.

40% sisanya boleh anda habiskan! 

Maksudnya, digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan kita yang seharusnya kita tutup seperti bayar listrik, bayar telepon, bayar uang sekolah anak, jatah belanja istri, isi bensin, dll.

Lalu bagaimana apabila 40% bagian tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan kita?

Segera cari pendapatan sampingan untuk menutup kebutuhan-kebutuhan tersebut, dan jangan sekali-kali mencoba mengurangi anggaran angka 1&2 !!

Salam Sukses! 

M. Maulia Mansuri

 
 
Teman2, ini kejadian beneran nih, saya alami sendiri... Kejadiannya kemarin, ceritanya kemarin aku lagi rajin, bersih2 kompor gas yg 4 stove bawahnya pake oven, trus di atasnya ada tutup kacanya. Nah, tutup kaca ini saya bersihkan pake lap basah dikasih sedikit sabun cuci piring sunlight. Setelah dibersihkan pake sunlight terus saya lap pake lap basah. Setelah selesai bersihin tutup kaca ini, saya terus bersihkan badannya, laci bawahnya, oven dan tutup ovennya. Setelah selesai, ceritanya saya mau lap lagi kaca penutup itu. Saya balik badan untuk mengambil lap basahnya lagi. Waktu saya balik badan, tiba2 terdengar suara ledakan yg dahsyat. Eh, ternyata kacanya meledak dan pecah berantakan.. . tanpa sebab sama sekali... Saya tidak tahu terbuat dari apa kaca ini, yg saya tahu kaca ini tahan panas. Pecahannya ini kayak pecahan kaca mobil kalau tabrakan... hancur kecil2... terserak dan terlempar ke mana2... Suami saya kemungkinan ada bahan kimia yang terkandung di sabun sunlight yg bereaksi dengan kaca tersebut, sehingga menyebabkan kacanya meledak dan hancur berantakan.. . Dr. Johny, betul ga ya? Tolong tanyakan dong, kan dr. Johny kerja di Unilever. Pak Marthen, bisa jelasin ga, kan Pak Marthen ahli kimia? Alhamdulillah, Tuhan masih melindungi saya, kejadiannya pas saya sudah balik badan dan tidak sedang di hadapannya. Kalau pas meledak saya lagi di depannya kan muka dan badan saya bisa hancur ga keruan... bisa2 juga hilang nyawa saya, karena ledakannya keras sekali...

 


 
 
Cerdik Mengelola Kuangan
Oleh Betti Alsijahbana


Teori Parkinson mengatakan : " Pengeluaran meningkat sesuai dengan penghasilan." Artinya sejalan dengan meningkatnya penghasilan, maka pengeluaran kita pun akan meningkat. Ini akan berlangsung, terlepas dari berapa besarnya pun penghasilan kita. Dengan berjalannya waktu, kita  akan membangun kebiasaan untuk membelanjakan berapapun penghasilan kita.


Ketika menerima gaji pertama di IBM, saya sempat merasa penghasilan saya sangat besar,  rasanya tidak mungkin menghabiskan uang penghasilan itu. Tetapi ternyata tidak lebih dari enam bulan, gaya hidup pun berubah, menyesuaikan dengan penghasilan tersebut. Ketika ada kenaikan penghasilan pun, pengeluaran segera menyesuaikan. Alhasil, bertahun-tahun bekerja, jumlah aset yang dimiliki tidak seimbang dengan jumlah penghasilan.


Beruntung sekitar 12 tahun yang lalu saya membaca buku "Investing for Dummies" yang mebahas berbagai jenis dan cara investasi. Setelah membaca buku itu saya jadi terterik untuk mempraktekkannya. Untuk itu saya harus menyisihkan uang untuk investasi. Kebiasaan ini  sampai sekarang saya lakukan


Banyak orang merasa kesulitan untuk menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk investasi, karena itu  artinya, mereka harus menurunkan standard hidupnya. Pendekatan yang bisa dicoba adalah berjanji untuk menyisihkan 50 % dari setiap kenaikan pendapatan yang akan kita dapatkan sejak hari ini. Jadi  kalau bulan depan pendapatan kita naik 15 %, maka 7,5 % diantaranya  langsung disisihkan. Buatlah rekening bank terpisah, sehingga uang yang akan investasikan ini tidak tercampur dengan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Ini lebih mudah dilakukan karena  kita tidak perlu menurunkan standard hidup kita. Dengan cara ini, ketika kita melakukannya dengan disiplin maka lama-kelamaan kita  akan bisa menyisihkan 15 % lalu 20 % lalu 30 % dari pendapatan kita.


Gembira Dengan Tumbuhnya Aset

Kebanyakan orang mengasosiasikan membelanjakan uang dengan kebahagiaan dan mengasosiasikan menabung dengan penderitaan. Kita  harus merubah pola pikir ini.  Tugas kita untuk mulai mengasosiasikan menyisihkan uang untuk investasi dan melihat uang kita tumbuh sebagai kebahagiaan. Semakin kita merasa bahagia  melihat simpanan kita tumbuh, kita akan semakin termotivasi untuk mengurangi pengeluaran dan menambah simpanan.


Kebanyakan orang yang sukses secara finansial, terbiasa untuk merasa gembira dan puas  menyisihkan uang, berinvestasi dan menumbuhkan uangnya. Sebaliknya kegagalan financial datangnya dari  kebiasaan untuk merasakan  sebagian besar kebahagiaan dari kegiatan membelanjakan uang.


Lima Pilihan Dasar Investasi


Ketika kita membaca koran atau majalah investasi, kita bisa melihat ada banyak sekali pilihan investasi. Meskipun demikian,  pada dasarnya pilihan investasi ini bisa dikelompokkan dalam lima alokasi aset: Tunai, Properti, Obligasi, Saham dan Alternatif. Penelitian  menyimpulkan  keputusan alokasi aset ini lebih mempengaruhi kinerja portfolio ketimbang pilihan saham mana yang dibeli dan waktu pembeliannya. Karenanya, kita perlu memberikan perhatian besar pada alokasi aset.


Dana Tunai Memberikan Rasa Aman

Investasi dalam bentuk tunai memberikan perasaan aman bahwa pokoknya tidak pernah berkurang dan dapat di ambil sewaktu-waktu. Menyimpan uang di dalam lemari, di Rekening Tabungan  dan Deposito di Bank adalah contoh-contoh alokasi aset dalam bentuk tunai.

Meskipun tampaknya alokasi aset dalam bentuk tunai paling aman, akan tetapi daya belinya berkurang dengan berjalannya waktu. Dengan tingkat inflasi sekitar 7 % di  Indonesia saat ini,  tabungan dan deposito yang saat ini tingkat bunganya berada di kisaran 7 % lalu dipotong pajak, jelas nilainya berkurangdengan berjalannya waktu.

Umumnya alokasi aset dalam bentuk tunai dipilih ketika banyak hal sedang serba tidak pasti, dan dibutuhkan jaring pengaman dalam menghadapi ketidak pastian itu.

Properti, pondasi yang kuat.

Rumah tempat kita  tinggal barangkali adalah proyek keuangan kita yang terbesar dengan asumsi kita tidak menyewanya dari orang lain. Properti yang tidak kita tinggali juga bisa menjadi  pilihan investasi. Biasanya properti nilainya tidak turun bahkan apresiasi harganya lebih tinggi dari tingkat inflasi. Disamping itu properti juga mendatangkan hasil sewa. Investasi di properti bisa dalam bentuk rumah, blok perkantoran, pertokoan, pabrik dll. Lokasi dan rekam jejak pengembang sangat menentukan keberhasilan investasi properti. Kelebihan lain dari properti adalah bisa dijaminkan, sehingga sebetulnya  kita tidak membutuhkan uang yang sangat besar untuk investasi di sini karena bisa menggunakan uang pihak lain (Bank).

Obligasi, memberikan pendapatan tetap lebih besar dari deposito

Obligasi yang diperjual belikan di pasar saham adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan. Pihak yang mengeluarkan surat obligasi akan membayar bunga pada tanggal-tanggal tertentu dan mengembalikan pokoknya sesuai yang tertera pada sertifikat obligasi pada  hari yang sudah ditentukan.

Secara sederhana, obligasi dapat digambarkan sebagai berikut: Sebuah perusahaan membutuhkan uang dan Anda meminjamkannya sebesar misalnya Rp. 100 juta. Perusahaan itu menjanjikan untuk membayar bunga (kupon adalah istilah yang dipakai) sebesar 10 % setahun, yang dibayar setiap tiga bulan. Jadi Anda menerima Rp. 2.5 juta empat kali dalam setahun. Perusahaan itu juga berjanji akan mengembalikan uang yang Anda pinjamkan senilai Rp.100 juta pada tanggal yang sudah ditentukan, misalnya tanggal 1 Mei 2014.

Obligasi adalah pilihan yang baik apabila kita menginginkan pendapatan yang teratur. Obligasi belakangan ini menjadi sangat populer mengingat investasi ini lebih stabil dibandingkan dengan saham dan memberikan hasil yang lebih baik dibanding deposito. Investor perorangan bisa membeli obligasi   retail secara langsung dengan menghubungi Bank atau pialang. Obligasi retail yang dikeluarkan pemerintah dan sangat populer adalah ORI. Investor perorangan bisa juga  membeli obligasi melalui reksadana. Nilai reksadana obligasi ini bisa naik turun tergantung pada iklim investasi dan kemahiran manager investasi yang mengelolanya.

Saham, resiko tinggi tapi potensinya pun sangat menggiurkan.

Saham pada intinya adalah kepemilikan bagian dari suatu perusahaan. Kita bisa memliki satu lot saham dari seribu lot saham yang tersedia. Dalam hal ini maka kita memeliki seperseribu bagian dari perusahaan itu. Umumnya saham dibeli karena investor mengharapkan dalam jangka  panjang saham ini akan menghasilkan keuntungan lebih besar dari tunai, properti maupun obligasi. Memang secara umum biasanya saham memberikan keuntungan terbesar, tapi hati-hati,  saham juga bisa menjadi cara termudah untuk menghilangkan uang Kita.

Reksadana Saham adalah cara alternatif untuk berinvestasi di pasar saham. Cara ini sangat praktis terutama bagi para investor kecil dan bagi mereka yang tidak punya banyak waktu dan ketrampilan untuk menganalisa saham. Reksadana dirancang sebagai alat untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang memiliki modal dan keingingan untuk berinvestasi, tapi memiliki keterbatasan waktu dan pengetahuan. Dana yang telah terkumpul di kelola investasinya oleh Investment Manager. Reksadana saham adalah reksadana yang menginvestasikan paling tidak 80% dari dana yang terkumpul di saham.

Investasi Alternatif, macam-macam pilihan investasi.

Bagi sekelompok orang,  investasi alternatif adalah barang yang bisa dikoleksi seperti karya seni, mobil antik, wine dll. Kelompok yang lain dari Alternatif adalah investasi yang merujuk pada pergerakan harga saham, komoditi dan mata uang. Beberapa dari deal ini disebut juga derivatif.
Investasi jenis ini hanya untuk investor yang sangat berpengalaman yang tahan untuk mengalami kerugian besar.


Pembahasan lebih detail untuk masing-masing jenis investasi bisa dilihat di :
Investasi Properti Semakin Memikat http://www.qbheadli nes.com/investme nt.php?cat= 9&id=53
Lebih Dalam Tentang Saham
http://www.qbheadli nes.com/investme nt.php?cat= 9&id=47
Obligasi, Memberikan Pendapatan Tetap Lebih Besar dari Deposito
http://www.qbheadli nes.com/investme nt.php?cat= 9&id=58

Setiap orang mempunyai profil risiko investasi yang berbeda, karenanya, portfolio investasi yang tepat pun berbeda-beda bagi setiap orang. Ada 2 prinsip investasi yang tidak boleh dilupakan :
Tidak akan ada hasil tanpa tindakan.

Kita  harus mengambil resiko untuk mendapatkan keuntungan
Jangan lupa,  kita  tidak perlu kaya untuk mulai investasi, tapi kita tidak bisa kaya tanpa investasi. Jadi kita perlu mulai mengatur pengeluaran   dengan lebih baik, agar kita  bisa menyisihkan uang untuk investasi.


Salam hangat penuh semangat
 
 
Mbak Rosana ,

Puji Tuhan mbak terhindar dari bahaya kecelakaan kompor tersebut.

Saya juga mau sharing dengan teman-teman, pengalaman pribadi dalam kegiatan masak memasak saya J.

Karena pembantu sedang sakit dan pulang kampung, maka saya setiap pulang kantor harus menyediakan makan malam dan membereskan peralatan makan sebelum istirahat/nonton TV.  Suatu hari saya bawa pulang rawon untuk dinner, jadi setiba di rumah, saya bermaksud menghangatkan rawon sebelum dimakan.

Saya biasa memanaskan sup di pyrex supaya langsung bisa dihidangkan tanpa mengganti pinggan.

Setelah rawon mendidih dan siap diangkat, saya bergeser untuk mengambil glove anti panas – tiba2 terdengar ledakan keras dan pyrex pecah berkeping-keping.  Rawonnya langsung muncrat dan sebagian besar masuk ke pit kompor.

Saya selamat tanpa luka (tidak terkena pecahan kaca atau tersiram rawon p anas).  Bayangkan kalau saat itu rawon sudah saya angkat dan pyrexnya meledak di tangan saya.

Ternyata, saya salah menggunakan pyrex untuk memanaskan rawon.

Pyrex itu ada 2 macam :  tahan panas microwave (microwave ware) dan tahan panas di kompor (stove ware).

Microwave ware tidak bisa dipanaskan langsung di kompor  akibatnya akan seperti yang saya alami.

Selanjutnya, akibat tumpahnya kuah rawon, walaupun sudah dikeringkan sampai pit nya dibongkar, ternyata kompor kami 2 dari 4 pit nya tidak bisa otomatis menyala tanpa dibantu korek api.  Karena itu kami memanggil service man dari Ariston untuk memperbaiki.

Ketika dibongkar untuk di service, ternyata lapisan penahan panasnya sudah sobek dan pipa aliran gas 3 pit sudah terkoyak lapisan panasnya.

Serviceman menjelaskan, kompor bisa sewaktu-waktu meledak kalau over heated karena peredam panasnya tidak bekerja dan pipa gas di bawah pit oven dan 2  tungku lagi menempel pada saluran gas besar – sehingga berpotensi ledakan besar akibat pipa gas besarnya overheated.

Sambil menunggu spareparts dari kantor, mereka menyarankan kami tidak menggunakan kompor tersebut.  Saat ini kompor kami sudah diperbaiki dan 4 pit serta oven nya bekerja dengan baik kembali.

Tuhan Maha Baik, kami diberi kejutan kecil untuk menyadarkan kita agar terhindar dari kecelakaan yang lebih besar.

Saya ingin mengingatkan, service kompor gas periodically sangat perlu agar terhindar dari bahaya kebakaran.  (salah saya adalah, kompor itu sudah 4 tahun tidak di servis – maklum saya jarang masak, jadi tidak mikir kesitu).
 
 
Segitiga Kehidupan Saat terjadi Gempa
Oleh. Doug Copp, Kepala Penyelamat dan Manajer Bencana dari American Rescue Team International (ARTI),

Pengalaman
Saya telah merangkak di bawah 875 reruntuhan bangunan, bekerja sama dengan tim penyelamat dari 60 negara, dan mendirikan tim penyelamat di beberapa negara serta salah satu dari ahli PBB untuk Mitigasi Bencana selama 2 tahun.
Saya telah bekerja di seluruh bencana besar di dunia sejak tahun 1985.
Pada tahun 1996 kami membuat film yang membuktikan keakuratan metode bertahan hidup yang saya buat.

Percobaan
Kami meruntuhkan sebuah sekolah dan rumah dengan 20 boneka di dalamnya. 10 boneka "menunduk dan berlindung" dan 10 lainnya menggunakan metode bertahan hidup "segitiga kehidupan".
Setelah simulasi gempa, kami merangkak ke dalam puing-puing dan masuk ke dalam bangunan untuk membuat dukumentasi film mengenai hasilnya. Film itu menunjukkan bahwa mereka yang menunduk dan berlindung tidak dapat bertahan hidup dan mereka yang menggunakan metode saya "segitiga kehidupan" bertahan hidup 100%.
Film ini telah dilihat oleh jutaan orang melalui televisi di Turki dan sebagian Eropa, dan disaksikan pada program televisi di USA, Canada dan Amerika Latin.

Fakta
Bangunan pertama yang saya masuki adalah sebuah sekolah di Mexico City pada gempa bumi tahun 1985.
Semua anak berlindung di bawah meja masing-masing.
Semua anak remuk sampai ke tulang mereka. Mereka mungkin dapat selamat jika berbaring di samping meja masing-masing di lorong.
Pada saat itu, murid-murid diajarkan untuk berlindung di bawah sesuatu.

Teori segitiga kehidupan
Secara sederhana, saat bangunan runtuh, langit-langit akan runtuh menimpa benda atau furniture sehingga menghancurkan benda-benda ini, menyisakan ruangan kosong di sebelahnya.
Ruangan kosong ini lah yang saya sebut "segitiga kehidupan".
Semakin besar bendanya, maka semakin kuat benda tersebut dan semakin kecil kemungkinannya untuk remuk.
Semakin sedikit remuk, semakin besar ruang kosongnya, semakin besar kemungkinan untuk orang yang menggunakannya untuk selamat dari luka-luka.

Amati
Suatu saat anda melihat bangunan runtuh di televisi, hitunglah "segitiga kehidupan" yang anda temui. Segitiga ini ada di mana-mana dan merupakan bentuk yang umum.

Sepuluh (10) Tip dalam Keselamatan Gempa Bumi :
1. Hampir semua orang yang hanya "menunduk dan berlindung" pada saat bangunan runtuh meninggal karena tertimpa runtuhan. Orang-orang yang berlindung di bawah suatu benda akan remuk badannya.

2. Kucing, anjing dan bayi biasanya mengambil posisi meringkuk secara alami. Itu juga yang harus anda lakukan pada saat gempa. Ini adalah insting alami untuk menyelamatkan diri. Anda dapat bertahan hidup dalam ruangan yang sempit. Ambil posisi di samping suatu benda, di samping sofa, di samping benda besar yang akan remuk sedikit tapi menyisakan ruangan kosong di sebelahnya.

3. Bangunan dari kayu adalah tipe konstruksi yang paling aman selama gempa bumi. Kayu bersifat lentur dan bergerak seiring ayunan gempa. Jika bangunan kayu ternyata tetap runtuh, banyak ruangan kosong yang aman akan terbentuk. Disamping itu, bangunan kayu memiliki sedikit konsentrasi dari bagian yang berat. Bangunan dari batu bata akan hancur berkeping-keping. Kepingan batu bata akan mengakibatkan luka badan tapi hanya sedikit yang meremukkan badan dibandingkan beton bertulang.

4. Jika anda berada di tempat tidur pada saat gempa terjadi, bergulinglah ke samping tempat tidur. Ruangan kosong yang aman akan berada di samping tempat tidur. Hotel akan memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dengan hanya menempelkan peringatan di belakang pintu agar tamu-tamu berbaring di lantai di sebelah tempat tidur jika terjadi gempa.

5. Jika terjadi gempa dan anda tidak dapat keluar melalui jendela atau pintu, maka berbaring lah meringkuk di sebelah sofa atau kursi besar.

6. Hampir semua orang yang berada di belakang pintu pada saat bangunan runtuh akan meninggal.
Mengapa? Jika anda berdiri di belakang pintu dan pintu tersebut rubuh ke depan atau ke belakang anda akan tertimpa langit-langit di atasnya. Jika pintu tersebut rubuh ke samping, anda akan tertimpa dan terbelah dua olehnya. Dalam kedua kasus tersebut, andatidak akan selamat!

7. Jangan pernah lari melalui tangga.
Tangga memiliki "momen frekuensi" yang berbeda (tangga akan berayun terpisah dari bangunan utama). Tangga dan bagian lain dari bangunan akan terus-menerus berbenturan satu sama lain sampai terjadi kerusakan struktur dari tangga tersebut. Orang-orang yang lari ke tangga sebelum tangga itu rubuh akan terpotong-potong olehnya. Bahkan jika bangunan tidak runtuh, jauhilah tangga. Tangga akan menjadi bagian bangunan yang paling mungkin untuk rusak. Bahkan jika gempa tidak meruntuhkan tangga, tangga tersebut akan runtuh juga pada saat orang-orang berlarian menyelamatkan diri.Tangga tetap harus diperiksa walaupun bagian lain dari bangunan tidak rusak.

8. Berdirilah di dekat dinding paling luar dari bangunan atau di sebelah luarnya jika memungkinkan. Akan lebih aman untuk berada di sebelah luar bangunan daripada di dalamnya. Semakin jauh anda dari bagian luar bangunan akan semakin besar kemungkinan jalur menyelamatkan diri anda tertutup.

9. Orang-orang yang berada di dalam kendaraan akan tertimpa jika jalanan di atasnya runtuh dan meremukkan kendaraan; ini yang ternyata terjadi pada lantai-lantai jalan tol Nimitz. Korban dari gempa bumi San Fransisco semuanya bertahan di dalam kendaraan mereka & meninggal. Mereka mungkin dapat selamat dengan keluar dari kendaraan dan berbaring di sebelah kendaraan mereka. Semua kendaraan yang hancur memiliki ruangan kosong yang aman setinggi 1 meter di sampingnya, kecuali kendaraan yang tertimpa langsung oleh kolom jalan tol.

10. Saya menemukan, pada saat saya merangkak di bawah kantor perusahaan koran dan kantor lain yang menyimpan banyak kertas bahwa kertas tidak memadat. Ruangan kosong yang besar ditemukan di sekitar tumpukan kertas-kertas.

Sebarkan informasi ini dan selamatkan nyawa orangyang anda cintai. Terima kasih....

Salam Hangat,

Alhakimc


 
<< Previous

nevia