gentasuri
 
Ada resep tradisional yang mungkin bisa dicoba untuk asam urat (sdh dipakai orang tua saya) yaitu rebusan daun salam. 200 gr daun salam segar direbus dengan 2 gelas air biarkan sampai tersisa kurang lebih 1 gelas saja, kemudian didinginkan dan diminum setiap pagi. Daun salamnya bisa dipakai sampai 3-4 kali rebusan dan ngerebusnya pakai teko tanahliat. Ramuan ini juga bisa digunakan utk diabet. Insyaallah manjur.
 
p3k.pps
File Size: 188 kb
File Type: pps
Download File

 
Kisah Seorang Istri Yang Suaminya Terkena Serangan Jantung

Tgl 29 April 2006 : malam kira jam 21.00 setelah makan malam..
suamiku merasa tidak enak badan. Masuk angin di sekitar perut dan punggung seperti terasa ditusuk-tusuk. Rahang terasa agak kaku, mulut agak asam. Beliau minta dibikinkan air jahe hangat.Setelah minum lalu tidur.

Tgl 30 April 2006 :
Bangun tidur, pagi sholat subuh dan bilang badannya udah enakan mau ke kantor. Malam hari di jam yang sama seperti kemarin merasakan hal yang sama seperti malam sebelumnya. Beliau minta dibikinkan jahe hangat
kembali dan dipaksa tidur. Tengah malam sekitar pukul 1dinihari keluar keringat banyak dibadan. Yang ada dibenak saya dan suami mungkin angin sudah keluar. Makanya badan enakan.

Tgl 1 Mei 2006 :

PERISTIWA PENTING DALAM KEHIDUPAN KELUARGA KAMI

Pagi, rutinitas seperti biasa. Dari kantor masih telpon siang hari seperti biasa. Karena tidak mendapat parkir di BEJ maka mobil diparkir di Cafe Bengkel Semanggi yang berjarak 1 km dari BEJ. Sore jam 16.30 pulang kantor jalan kaki menuju parkir. Sepanjang jalan suamiku merasa kaki tak dapat dilangkahkan, leher terasa semakin kaku, keringat dingin bercucuran, dingin dan lemas sekali seperti tak bisa bernafas. Beliau berusaha mencapai tempat parkir dan berhasil masuk kedalam mobil (tidak sempat menghidupkan mobil kaca tertutup, semua lampu hijet dinyalakan pintu tidak dirapatkan) dan sempat menghubungi saya untuk mengatakan
"Bunda, cepat kemari Ayah tidak kuat lagi"!

Suamiku tipe orang yg tidak pernah mengeluh, tidak ingin merepotkan orang, sangat mandiri...karena perantau dan biasa hidup susah) Saya merasa pasti sesuatu terjadi, karena kenal betul kenal sifat beliau. Saya membutuhkan waktu kira2 setengah jam sampai di tempat kejadian. Yang saya temukan beliau sudah hampir hilang kesadaran. Baju basah kuyup seperti berendam dikolam air. Muka pucat bagai mayat.Saya berteriak2 minta pertolongan. Kebetulan saat itu banyak supir sedang bersiap jemput majikannya. Orang-orang berlari memberikan bantuan. Baju kering, air mineral aqua, bahkan security membuatkan teh panas manis dan memaksa suami saya untuk minum.

Pikiran saya bekerja. Saya butuh pertolongan orang yg ahli. Saya telp sabahat kami seorang dokter di JBE. Saya ceritakan kronologis kejadian. Beliau memandu saya untuk menusuk ujung jari suami dengan benda tajam apapun ( waktu itu kuku jari tangan saya) supaya suami saya terkejut dan membuat kesadaran tidak betul-betul hilang. Ajak bicara terus dan segera bawa ke rumah sakit terdekat. Pilihan cuma ada dua Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) atau Rumah Sakit Jantung Harapan Kita (RSJHK). Minta lakukan EKG, tensi darah itu yang harus saya lakukan segera. Pilihan saya ke RSJHK karena arah ke Selatan macet..

Sepanjang perjalanan, saya mengajak bicara terus. Mengendorkan ikat pinggang. Sampai di rumah sakit, kebetulan brankar sedang kosong, jadi saya dibantu securiti rumah sakit tersebut mendorong ke UGD dengan kursi roda. Sampai di UGD suasana hiruk pikuk. Hari itu UGD sangat penuh. Suami saya ditolak, karena dilihat masih dapat duduk di kursi roda. Dianjurkan untuk ke poli umum saja.

Saya mengikuti saran ahli medis. Saya antar suami ke poli umum. Ternyata poli umum sudah tutup.
Rasanya sakit seperti tidak dipedulikan.
Tapi, Allah itu Maha Penyayang. Campur tangan ALLAH mulai tampak nyata di hadapan saya. Seorang dokter senior tiba-tiba ada di hadapan saya -sepertinya selesai praktek-. Beliau tanya, "Ada apa ?"
Saya ceritakan apa yang terjadi. Beliau mengajak saya kesebuah ruangan praktek dan mulai melakukan pemeriksaan lengkap. Muka beliau sangat terkejut begitu membaca hasil EKG. Dunia bagai kiamat waktu beliau mengatakan "Suami Ibu terkena Serangan Jantung Koroner"! harus segera penanganan intensif. Saya katakan UGD penuh. Beliau lanjutkan, "TIDAK ADA PILIHAN LAIN HARUS KE UGD SEKARANG JUGA !" Beliau membuat REKOMENDASI URGENT. Katakan saja dari DR.AULIA SANI (ternyata beliau mantan direktur RSJHK).Yang tadinya kami ditolak, kemudian diterima di UGD walau harus dirawat di kamar yang betul-betul penuh hari itu.
Di situ melihat orang datang dengan keadaan sudah meninggal karena terlambat sampai di RS. Saat di UGD tidak pernah satu tenaga medis yang menanyakan jaminan apapun kepada saya,Ternyata itulah Motto RS tersebut : Tindakan Dahulu, Uang Baru Nomor Berikutnya.

Dokter Aulia turun tangan langsung, didampingi dokter Robert (dokter jaga UGD saat itu). Suamiku di tangani seksama. Satu jam berkutnya aku dipanggil keruangan dokter-dokter. Disana sudah ada dr. Aulia dan dr. Robert. Mereka menjelaskan kondisi suamiku yang sebenarnya. Mereka bertanya apa yang terjadi satu minggu kebelakang sebelum suamiku terkena serangan jantung hari ini. Aku cerita rangkaian kejadian beberapa malam yang kami kira masuk angin. Beliau katakan
"Pada malam-malam itu sebenarnya jantung sudah terkena serangan walaupun ritme kecil. Tapi sudah ada beberapa komponen jantung yang melemah. Hingga saat serang dahsyat datang, langsung mengganggu dan RUSAK."

Rupanya itu belum selesai. Dokter minta saya berdoa banyak. Karena 3 jam berikutnya adalah MASA PENENTUAN. Akan datang serangan KEDUA yang lebih DAHSYAT. Akibat dari serangan pertama. Ada pembuluh yang rusak, biasanya orang jarang selamat karena faktor tidak mengerti dan tidak ditangani dengan tepat. Mereka mengatakan FUNGSI JANTUNG suamiku untuk sementara diganti dengan MESIN PACU JANTUNG. Mudah-mudahan ini dapat membantu bertahan. ( waktu serangan pertama, dada belum terasa sakit). Kira2 jam 21..00 suamiku mengalami serangan Jantung Kedua yang membuat denyut jantung berkisar 40. Padahal normal 70.

Jam 11.00 suamiku langsung di masukan ke ICU karena kondisi kritis. Dada sakit hebat. Sesak tidak dapat bernafas. Pada saat itu aku hanya bisa menangis. Bingung. Sendiri.

Allah swt banyak membantu kami dengan mempertemukanku pada banyak orang yang senasib sepertiku yang mereka sudah ada di RS tersebut berbulan-bulan lamanya. Aku bertemu dokter-dokter hebat yang baik hati dan banyak memberi pertolongan
penjelasan yang mudah aku mengerti. Dorongan dan support dari semua teman keluarga dan sahabat dari luar daerah dan luar negeri yang membuat aku berkata "AKU HARUS KUAT. SUAMI MEMBUTUHKAN AKU & ANAK-ANAK BUTUH AKU."

Pasangan hidupku terbaring selama 20 hari di ICU dengan keadaan semakin drop. Sementara dokter-dokter benar-benar mempersiapkan tindakan yang paling tepat. Hari ke-20 dipersiapkan Katerisasi dipimpin Dr. Kaligis. Tindakan medis mengalirkan cairan putih (kontras) ke dalam semua pembuluh jantung untuk mencari dimanakah sumber penyumbatan akibat KOLESTEROL dan pembalonan di lokasi penyumbatan diiringipemasangan STAND / RING sesuai panjang sumbatan. Tindakan seperti ini sangat MAHAL. Hingga bila terjadi penyumbatan lebih dari tiga buah dokter-dokter menganjurkan untuk BY PASS yang kesempatannya fifty-fifty.

************ ******

Harga RECOVERY sebuah jantung sakit itu sama dengan harga sebuah rumah atau mobil mewah..
Karena itu : SAYANGILAH JANTUNG ANDA.

Itupun belum seberapa. Pasangan hidup kita akan memulai masa penyembuhan yang lebih banyak dari semula. Memerlukan perhatian, makanan, kasih sayang, hiburan, dsb.Kesabaran yang tak TERHINGGA harus kita miliki. Karena mereka mulai berangsur sehat dengan proses kepercayaan diri yang hilang dan sifat yang berubah 180 derajat. Sangat sesintif dan mudah tersinggung. Semua PROSES dimana kita sebagai pasangan hidup tidak pernah tahu kapan berakhirnya. Anggap semua itu IBADAH.

Saran-saranku :

HINDARI MAKANAN PADANG : 75%
Pasien jantung rata rata penggemar masakan Padang.

Sesekali cobalah datang ke RSJHK. Disana terlihat pasien jantung koroner mulai di usia diatas 25 thn.

Diatas umur 30 kita sudah terkena resiko pengentalan darah. Perempuan jika masih haid terlindungi dari penyakit jantung karena memiliki
HORMON. Jika di masa subur wanita terkena sakit jantung, itu adalah cacat bawaan seperti kebocoran KATUP & KLEP.

Berolah raga yang ringan saja, namun rutin. Dianjurkan berjalan kaki pagi hari 3 km atau berenang. Hindari olahraga yang menguras tenaga jika dari dulu kita bukan pencinta olah raga tersebut. Olah raga yang menguras tenaga memacu ADRENALIN.

Banyaklah makan SAYUR dan BUAH untuk menghancurkan KOLESTEROL jahat di tubuh kita.

Hindari rokok walaupun pasif. Mulailah hidup sehat sebelum terlambat. Karena keluarga masih membutuhkan kita.
InsyaAllah berguna dan bermanfaat

Hindari kebiasaan minum air dingin setelah makan.
Secara logika, mungkin ada benarnya, orang-orang China dan Jepang mengamalkan minum teh panas ewaktu makan dan bukannya air
ES. Sudah tiba masanya kita meniru kebiasaan minum air panas/hangat sewaktu menikmati hidangan.
Kita tidak akan kehilangan apa-apa. Malah akan mendapat faedah dari kebiasaan ini. Kepada siapa yang suka minum air ES, artikel ini sesuai untuk anda. Memang enak dan segar minum air ES selepas makan, tetapi akan berakibat fatal !

Air es akan membekukan makanan berminyak yang baru kita makan. Ia akan melambatkan proses pencernaan kita.

Bila lemak-lemak ini terbentuk di dalam usus, ia akan menyempitkan banyak saluran dan lama kelamaan ia akan menyebabkan lemak berkumpul dan kita semakin gemuk. Akibatnya pasti menuju ke arah mendapat berbagai PENYAKIT.

Jalan terbaik adalah minum sup panas atau air panas/hangat selepas makan.

*******

Note penting tentang SERANGAN JANTUNG.

Anda perlu tahu bahwa tanda-tanda serangan jantung akan mulai terasa pada tangan sebelah kiri.

Berhati-hati juga pada permulaan sakit sedikit-sedikit pada bagian atas dada anda.
Anda mungkin tidak akan mengalami sakit dada pada serangan pertama serangan jantung.

Keletihan dan berkeringat adalah tanda-tanda pada umumnya. Malah 60% pengidap SAKIT JANTUNG tidak bangun selepas tidur.
Marilah kita berwaspada dan berhati-hati.

Lebih banyak kita tahu, lebih cerah peluang kita untuk terus hidup.

PAKAR SAKIT JANTUNG berkata, jika semua orang yang mendapat e-mail ini menghantar kepada 10 orang yang lain, beliau yakin akan dapat menyelamatkan satu nyawa.

Bacalah, ia juga mungkin dapat menyelamatkan nyawa anda.

Jadilah teman yang setia dan teruskan menghantar artikel ini kepada teman-teman yang anda sayangi. :)

***********

Fal yandzhuril insaanu ilaa tho'aamih
" maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya."
[ Qs. 'Abasa : 24 ]
 
EMERGENCY SERANGAN JANTUNG
>
> Untuk tambahannya selain melakukan apa yang disarankan pada slide, jangan lupa bawa Aspirin Bayer di tas dan mobil. Bila anda merasa datang serangan makanlah beberapa tablet/pil dg mengunyahnya kemudian telan untuk menolong dan memberhentikan rasa sakit. Hal ini disarankan para dokter .

Banyak orang yg tertolong dg cara ini. Selain itu simpan juga aspirin Bayer tersebut dilaci dekat tempat tidur, sehingga mudah diraihnya bila anda membutuhkannya.

NB :
Saran yang terdapat dalam milis bersubyek tentang Istri yang suaminya terkena serangan jantung, juga ada baiknya diikuti.

Orang bijak bilang :
Sewaktu muda kita korbankan kesehatan demi uang, setelah tua kita korbankan uang demi kesehatan.
 
[Attachment(s) from r.maulany@yahoo.co.id included below]


Dear All,

Sedikit sharing info mudah-mudahan berguna

Please, find attach information about  Swine Flu/Flu Babi..

About swine flu, I think all  IKAMI members already have enough information because easy for us to use internet  to get an update news.

In case of an outbreak  the most  important  thing to do  is :


1. Follow the instruction especially  preventive action(personal hygiene) as mentioned in this  circular
2. Avoid unnecessary travelling.
3. Avoid someone  who is sick with symptoms of  flu.
4. Keep your body healthy (exercise regularly,  enough sleep, drink a lot of water) 

In case there is an outbreak  we  should  prepare;


-  Mask ( Surgical mask )  to be used in case of an outbreak

-  Tamiflu  mediciane used only for  suspected cases of Swine Flu the dose is 2x1/day for 5 days
-  Influenza  test reagent to test  for Influenza A usually available in a Hospital/laboratory

Kind regards,

R. Maulany
United Nations Clinic
Timor Leste
 
Silahkan di forward untuk para wanita

Manisan Cermai Obat Tumor dan Kanker

*Berawal dari beberapa kejadian tanpa sengaja yang sangat menarik untuk di lakukan penelitian, lalu saya melakukan uji coba terhadap Manisan Cermai sebagai obat tumor kepada seorang wanita yang habis di operasi rahimnya karena penyakit tumor, tapi tumor itu tumbuh kembali 4 bulan kemudian. *

*Oleh dokter yang mengoperasinya di minta untuk segera operasi lagi, karena tumor ganas, keadaannya di anggap cukup berbahaya, ta­pi pasien menolak.*

*Secara kebetulan pasien itu teman saya, dan setelah menceritakan masalahnya, saya sarankan untuk memakan "manisan buah Cermai" secara rutin, 2 kali sehari (pagi seperempat/ /ons, sore seperempat ons), sehabis makan seperempat ons berisi: kira-kira 15 biji manisan cermai.*

*Kesembuhan mulai terasa sete­lah selama sekitar 1 bulan memakan"manisan Cermai" secara rutin. *

*Kalau dulu selalu terasa sakit (cekot-cekot) di rahim nya bila bekerja dalam posisi berdiri selama sekitar 1 jam sebagai capster di salon nya sendiri, sekarang sudah tidak lagi seperti itu. Rasa sakit itu hanya datang kadang kala saja. *

*Setelah sekitar 4 bulan memakan secara rutin, ia periksakan kembali penyakit di rahimnya, ternyata hasilnya sangat mengejutkan. *

*Oleh dok­ter yang selama ini menangani penyakit-nya di nyatakan "tumor sudah layu", alias hampir mati. *

*Dan setelah selama 2 tahun lebih memakan secara rutin, penderita sudah tidak lagi mengeluh sakit, tumor mati dan berhenti makan "manisan cermai".*

*Dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan, bahwa manisan ceremai bersifat mematikan tumor-kanker, dan sejenisnya, terutama benih-benihnya yang tersebar di seiuruh tubuh. "Manisan Cermai" sebagai obat tumor/kanker ini sudah saya uji cobakan pada beberapa penderita, dan ternyata hasilnya cukup maksimal, tumor-kanker selalu layu dan mati.*

*Nah, kepada siapapun yang juga menderita penyakit "tumor-kanker" , dan sejenisnya, seperti "kanker kelenjar getah bening" dan "leukemia" tidak usah kemana-mana, saya sarankan untuk memakan "manisan buah Cermai". *

*Dan siapapun yang sempat membaca informasi "temuan baru obat herbal" ini tidak ada buruknya bila ikut membantu menyosialisasikan kepada orang lain, supaya mereka yang sedang menderita penyakit tersebut dapat tersembuhkan. *

*Bagi para penderita HIV-AIDS tidak usah berkecil hati dan malu-malu, karena obatnya sudah saya temukan, dan telah digunakan untuk menyembuhkan 2 orang penderita HIV hanya dalam waktu 1 bulan pengobatan. *

*Silahkan menghubungi, identitas anda dirahasiakan. *
*Penulis : Lie Tje Djen.*
*Jalan Brigjen Katamso 21*
*Yogyakarta*
*HP.08122987844*
 
OBAT TERBARU DIABETES "LIRAGLUTIDE"
Picture

Paragraph.
Subject:  Info Kesehatan Obat diabetes terbaru: Liraglutide( balanced)

"Liraglutide", Obat Diabetes Baru

Houston, Amerika Serikat (02/10/08). Liraglutide, suatu obat anti diabetes baru, menunjukkan hasil yang diharapkan pada serangkaian uji awal. Obat ini diindikasikan untuk diabetes tipe 2, merupakan senyawa sintesis dari GLP-1 (glucagon-like peptide 1).

Pada uji tersebut, Liraglutide menunjukkan efektivitas yang tinggi terhadap diabetes tipe 2, suatu jenis diabetes yang terjadi apabila tubuh tidak merespon secara normal terhadap insulin, kata seorang peneliti. "FDA (The Food and Drug Administration) akan memutuskan berdasarkan hasil uji ini apakah Liraglutide dapat digunakan di Amerika Serikat ataukah tidak", kata Dr. Alan Garber, ketua tim peneliti dan sekaligus guru besar ilmu biokimia dan biologi molekuler pada Baylor College of Medicine, Houston, Amerika Serikat.


Note:

Untuk yang  sudah terlanjur  menderita  Diabetes  ini termasuk berita baik.

Selama  ini  obat diabetes  hanya  berkerja pada sel beta(yang  memproduksi insulin yang menurunkan  gula darah)   tetapi obat terbaru ini juga  bekerja pada sel alpa yang  memproduksi  glucagon yang meningkatkan  gula darah sehingga  obat ini lebih  balance.


Sumber:

Rudy Maulany
(Dokter PBB Timor Leste)

 
Kesehatan: Dengue

 
Dear ,

Bersama  ini  saya kirimkan sedikit informasi mengenai demam berdarah berdasarkan pengalaman kami di clinic.

Dengue adalah suatu penyakit  yang disebabkan oleh virus dengue(ada 4 jenis) dan  ditularkan melalui nyamuk Aedes dengan gejala  utama  demam selama  sekitar  7 hari , sakit kepala, nyeri otot  dan sendi.

Demam meningkat  pada  hari  pertama hingga dapat mencapai  diatas 40 C sampai  ke 4 kemudian menurun sejenak dan meningkat pada hari ke 5  dan menurun kembali menurun pada hari ke 7 dan seterusnya sehingga kalau dibuat grafiknya seperti  pelana kuda.

Yang paling penting harus  diperhatikan adalah  terjadinya  peningkatan kekentalan darah mulai hari ke  4 sampai ke  6 dimana  cairan dalam pembuluh darah  keluar  ke jaringan sekitar  dan penurunan  dari  trombosit  pada saat yang sama.

Tindakan pada saat kritis pada saat demam, peningkatan  kekentalan darah, penurunan trombosit  di hari 4 sampai  ke-6 sangat menentukan.

Pengobatan untuk mengtasi  hal ini  adalah standard  diseluruh dunia:

-Memberikan cairan  oralit yang cukup paling tidak 3-4 liter/sehari

-Memberikan obat penurun  panas paracetamol.

-Melakukan  pemeriksaan laboratorium untuk memantau trombosit.

Begitu  trombosit naik dan  demam turun  biasnaya pasien  sudah boleh pulang.

Saat-saat  seorang penderita demam virus juga mudah  dirularkan dari penderita  kepada orang lain melalui gigitan nyamuk, karena itu sebaiknya  penderita dengue  tidur  menggunakan kelambu/mosquito net selama masa demam dan menggunakan  mosquito repellant (pake  off).

Sebagai pencegahan  dengue hindarkan tempat dengan air tergenang terutama  bak-bak  air/tempat minum burung,dll   perlu dibersihkan  secara  teratur dan  diganti airnya.

Demikianlah sekitar sharing informasi.

Salam,
Rudy Maulany
UN Clinic, Timor Leste
 
Kalau  Liraglutide kita tunggu saja beritanya  tetapi  bersama ini saya kirim obat baru DM namanya Vildagliptin kutipan dari harian Kompas yang mudah-mudahan sudah ada di Jakarta.

Salam
Rudy Maulany
(Dokter UN - Timor Leste)
 

Obat Baru Atasi Diabetes

Kamis, 16 Oktober 2008 | 18:45 WIB

www.daily-diabetic. com

Galvus (vildagliptin) obat oral yang dikonsumsi sekali sehari untuk penderita diabetes tipe 2. Vildagliptin bekerja dengan meningkatkan jumlah dua hormon inkretin yang ditemukan di tubh disebut glucagon-like peptide-1 (GLP-1) dan glucose-dependent insulinotropic peptide (GIP).

HARAPAN baru telah muncul bagi para penderita diabetes (diabetesi) di Indonesia khususnya yang menjalani pengobatan tetapi belum juga menunjukkkan perbaikan yang siginifikan.   

Kini, telah hadir obat generasi baru berzat aktif Vildagliptin, yang diklaim memiliki keunggulan dibandingkan kelompok atau generasi sebelumnya.

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI), Dr Pradana Soewondo Sp.PD-KEMD, menyatakan, Vildagliptin merupakan obat oral diabetes yang menggunakan pendekatan baru.

"Selama ini, pengobatan diabetes hanya memperhatikan insulin (hormon yang menurunkan kadar glukosa darah) saja, sementara glukagonnya (yang meningkatkan kadar glukosa darah) belum disentuh," ungkap Soewondo dalam acara Media Edukasi Penatalaksanaan Diabetes di Jakarta, Kamis (16/10).

Vildagliptin bertindak sebagai inhibitor protein Dipeptidyl Peptidase-4 (DPP-4 Inh) yang poten, selektif dan reversibel. Secara sederhana, obat ini bekerja dengan cara memperbaiki fungsi sel beta pankreas (sel yang memproduksi insulin) dan sel alfa pankeras (yang memproduksi glukagon) serta memperbaiki sensitivitas insulin.

Inkretin
Menurut Soewondo, selain kekurangan insulin, diabetesi juga mengalami kekurangan hormon inkretin, sejenis hormon yang disekresi saluran usus ketika makanan masuk, berfungsi mengatur dan mengontrol glukosa darah. Inkretin juga berperan dalam memperbaiki fungsi keseimbangan antara glukagon dan insulin.

Kurangnya inkretin disebabkan oleh hadirnya protein DPP-4 yang bekerja memecah inkretin. Padahal, kurangnya hormon inkretin ini dapat mengganggu keseimbangan antara glukagon dan insulin.

"Dengan hadirnya inhibitor (penghambat) DPP-4, keseimbangan akan tercapai sehingga fungsi organ pankreas pun akan meningkat," ungkap Soewondo.

Vildagliptin, lanjutnya, juga menghasikan efek farmakologik memperbaiki fungsi sel beta yang rusak dan menjadi satu-satunya yang bekerja terhadap sel alfa. Hasil uji klinis menunjukkan, pasien yang mendapat  vildagliptin 50mg satu tablet sehari, sel betanya lebih sensitif terhadap glukosa dibandingkan yang tidak.

"Dengan kata lain, Valdigliptin mampu meningkatkan fungsi pankreas yakni memperbaiki sensitifitas sekresi glukagon terhadap glukosa dan memperbaiki sensitifitas sekresi insulin terhadap glukosa," ungkapnya.

Vildagliptin akan dipasarkan PT Dexa Medica efektif mulai Oktober 2008 ini. Obat ini sebenarnya ditemukan oleh Novartis, perusahaan farmasi yang berpusat di Swiss, tetapi di Indonesia obat ini akan dipasarkan oleh Dexa Medica.

"Novartis dan Dexa Medica melakukan sharing competency untuk memasarkan obat ini ke konsumen di Indonesia. Sosialisasi dan perkenalan kepada para dokter akan segera dilakukan pekan ini di 6 kota besar," ungkap Head Marketing and Sales Sinergi Dexa Medica, Dorothy Maria Dharma.
 
Asunto: [IKAMI] Info Kesehatan: Malaria, terlambat, near dead. 


Mengenai  penyakit kondisi  di  offshore  atau Pabelokan yang  indah  berbeda dengan disini karena  lebih banyak  kasus  emergensi.

Sedikit  sharing pengalaman menghadapi  pasien  "near dead" akibat  demam malaria,

Seorang  pasien, pria, usia sekitar  35 tahun  datang ke  klinik dengan riwayat demam dan riwayat malaria 2 minggu yang lalu.

Pasien masih  sempat duduk dan  bicara  lemah dan mengeluh  nyeri otot, sakit kepala, pusing dan ...........tiba- tiba ...... perlahan-lehan jatuh terbaring  dilantai mengalami   kejang otot  dan nadi  lemah,  pernapasan cepat dan kesadaran menurun dengan cepat.

Dalam keadaan  emergensi  seperti ini  harus langsung  diusahakan tindakan cepat  pemberian cairan melalui infus  tetapi ......tampaknya ........sulit mencari pembuluh darah  darah vena pada  pasien  ini karena hampir semuanya kolaps(tanda- tanda syok).

Setelah dengan susah payah dan berulang-ulang diusahakan  dan menggunakan jarum infus khusus akhirnya  dapat diberikan cairan infus  Ringer lactate dan oksigen dan  Puji Tuhan .... secara perlahan-lahan  pasien  sadar dan dapat berbicara dan pernapasan, nadi  dan tekanan darah normal kembali.

Ternyata pasien  ini  selama  2 minggu  menderita malaria dan demam walaupun makan obat tetapi   kurang minum  air sehingga  terjadi  dehidrasi(kekuranga n air dalam tubuh)  dan  kencing  sedikit sehingga seandainya dia   terlambat datang beberapa menit kemungkinan saja pasien nyaris   hampir meninggal akibat  syok yang disebabkan  oleh dehidrasi(kekuranga n air).

Demikianlah sekilas  pengalaman  kami  sehari-hari  dimana  perlu diperhatikan agar  pada keadaan  demam oleh sebab apapun  sebaiknya penderita minum air  dengan cukup karena dengan minum cairan yang cukup (2- 3 liter ) dapat membantu  tidak saja menurunkan demam  juga dapat  mencegah timbulnya  syok dan kematian.

Salam dan doa,
Rudy Maulany

UN Clinic
Timor Leste

nevia