gentasuri
 
Dear

Pengalaman  kami merawat pasien dengan komplikasi dari  dengue bisa sebagai akibat  timbulnya shock  karena  pengobatan terlambat dimana tekanan darah bisa menurun sampai dibawah 50/30 mm Hg dan  dimana  penderita dapat tetap  sadar sampai saat-saat terakhir dan pengobatan  dalam keadaan ini  adalah  urgent dengan  pemberian cairan infus biasanya  Ringer Laktate dengan segera untuk  meningkatkan tekanan darah.

Komplikasi  perdarahan(muntah darah, berak darah, dll). biasanya  timbul jika  Trombosit/platelet menurun  sekali  dibawah  60.000 /mL dan untuk ini  seringkali  dipersiapkan  transfusi  trombosit.

Penderita yang sembuh dari dengue  akan kebal terhadap  dengue  yang bersangkutan  tetapi karena  terdapat  4 jenis type dengue maka ada  kemungkinan  untuk  4 kali  menderita dengue.

Serangan  dengue  kedua biasanya lebih berat.

Komplikasi  yang  paling sulit adalah terjadinya : radang selaput paru-paru yang  bisa menimbulkan komplikasi yang berat.

Karena itu  pencegahan  lebih baik dari pengobatan.

Salam

Rudy Maulany
UN CLINIC
TIMOR LESTE
 
turunkan_kolesterol_anda.ppt
File Size: 281 kb
File Type: ppt
Download File

 
alternatif_pengobatan_cancer2.doc
File Size: 61 kb
File Type: doc
Download File

 
MANFAAT BAWANG MERAH MEMERANGI FLU
[orange 82]
Pada tahun 1919 ketika flu membunuh 40 juta orang, ada seorang dokter yang mengunjungi banyak petani untuk melihat apakah ia dapat membantu mereka memerangi flu.

Banyak petani dan keluarga mereka telah tertular dan banyak yang meninggal. Dokter ini mengunjungi satu keluarga petani, dan yang mengejutkannya, ternyata semua orang sangat sehat.
Ketika dokter bertanya apa yang dilakukan petani yang membuatnya berbeda, sang istri menjawab bahwa ia telah menaruh bawang merah yang telah dikupas dalam sebuah piring pada setiap kamar di rumah itu, (mungkin hanya dua kamar waktu itu).
Dokter itu tidak percaya dan bertanya apakah ia dapat memiliki salah satu dari bawang merah itu untuk melihatnya di bawah mikroskop. Istri petani itu memberinya satu dan ketika dia melakukan hal ini, ia menemukan virus flu di bawang merah itu.   Bawang merah ini jelas menyerap bakteri, oleh karena itu, menjaga keluarga ini tetap sehat. Saya mendengar cerita ini dari penata rambut saya di AZ. Dia mengatakan bahwa beberapa tahun lalu banyak dari karyawan yang datang bekerja dengan sakit flu dan begitu juga banyak dari pelanggannya. Tahun berikutnya ia meletakkan beberapa mangkuk bawang merah di sekitar tokonya. Yang mengejutkan, tak satu pun stafnya sakit. Ternyata berhasil ..
(Bukan, dia tidak dalam bisnis bawang merah.)

Moral dari cerita ini, belilah beberapa bawang merah dan tempatkan dalam mangkuk di sekitar rumah Anda. Jika Anda bekerja di dalam kantor, tempatkan satu atau dua di kantor atau di
bawah meja Anda atau bahkan di atas suatu tempat. Cobalah dan lihat apa yang terjadi. Kami melakukannya tahun lalu dan kami tidak pernah terserang flu. Hal ini membantu Anda dan orang-orang yang Anda cintai dari sakit,dan semua menjadi lebih baik. Jika Anda terkena flu, itu hanya mungkin menjadi satu kasus yang ringan ..
P.S., ketika aku mengirimkannya ke seorang teman di Oregon yang secara teratur memberikan kontribusi materi masalah kesehatan kepada saya. Dia menjawab dengan pengalaman yang paling menarik tentang bawang merah : Weldon, terima kasih untuk ingatkan. Aku tidak tahu tentang kisah petani itu ... tapi, aku tahu bahwa saya terkena pneumonia dan tidak perlu untuk mengatakan aku sangat sakit ... aku menemukan sebuah artikel yang mengatakan untuk memotong kedua ujung sebuah bawang merah, lalu letakkan salah satu ujungnya pada sebuah garpu dan kemudian tempatkan ujung garpu pada sebuah stoples kosong ... letakkan stoples itu di sebelah pasien yang sakit pada waktu malam hari. Dikatakan bahwa bawang merah akan menjadi hitam di pagi hari karena kuman2... tentu saja hal itu terjadi persis seperti itu ... bawang merah itu berantakan dan aku mulai merasa lebih baik.
Hal lain yang saya baca di artikel itu bahwa bawang merah dan bawang putih yang ditempatkan di sekitar ruangan menyelamatkan banyak orang dari wabah hitam tahun yang lalu. Bawang merah dan bawang putih mempunyai kekuatan antibakteri, peralatan antiseptik. Ini adalah catatan lain.

SISA BAWANG MERAH BERACUN

Bawang merah adalah sebuah magnet besar untuk bakteri, terutama bawang mentah. Anda seharusnya jangan pernah berencana untuk menyimpan sebagian dari irisan bawang merah. Hal ini tidak aman bahkan jika Anda memasukkannya ke dalam tas zip-lock dan memasukkannya ke dalam kulkas Anda. Bawang merah sudah cukup terkontaminasi hanya dengan dipotong dan dibiarkan terbuka untuk sebentar saja, sehingga hal itu dapat membahayakan Anda (dan perlu lebih waspada lagi terhadap bawang merah yang Anda masukkan ke dalam hotdog Anda di taman bisbol!) Jika Anda mengambil sisa bawang merah dan memasak seperti orang gila, anda mungkin akan baik-baik saja, tetapi jika Anda memotong sisa bawang merah dan menaruh pada sandwich Anda, Anda sedang mencari masalah.   Baik bawang merah dan kentang basah dalam salad kentang, akan menarik dan menumbuhkan bakteri bahkan lebih cepat daripada mayones komersial yang akan mulai rusak.

Selain itu, anjing tidak boleh makan bawang merah. Perut anjing tidak dapat mengolah bawang merah.. Harap diingat, adalah berbahaya untuk mengiris bawang merah dan mencoba menggunakannya untuk memasak pada hari berikutnya, bawang merah menjadi sangat beracun bahkan untuk satu malam dan menciptakan bakteri beracun yang bisa menyebabkan infeksi lambung yang buruk dikarenakan kelebihan sekresi empedu dan bahkan keracunan makanan.
 
Sekali lagi sharing  pengalaman  near dead dengan dengue.

Setelah pensiun  tugas  di Pabelokan  dan di  offshore yang tinggal  kenang-kenangan manis sangat berbeda dengan tugas disini dimana  kita lebih banyak  bertemu dengan kasus-kasus  emergensi  di clinic walaupun penuh tantangan  tetapi mudah-mudahan bisa dihadapi dan  ditangani dengan baik. 
 
Suatu  hari  kami adakan  "home  visit"  kerumah  pasien  seorang wanita  usia  34 tahun   penderita demam dengan gejala sakit kepala nyeri sendi dan otot  yang sudah beberapa hari tidak datang  untuk pemeriksaan ulang.

Sebagai dokter kami harus  siap bertugas memantau dan melayani/stand by untuk   pasien 24 jam/sehari dan kalau perlu melakukan  home visit.

Saat  tiba  dirumah  pasien dan  dilakukan pemeriksaan  ternyata   tekanan darah  pasien rendah sekali dan masih  demam pada hari kelima (masa kritis  dengue adalah  hari  ke  5-6) dan penderita  tidak dapat  menuruti saran untuk  minum  dengan cukup bahkan minum sedikit sehingga  terpaksa kami  bawa dengan  ambulance dan rawat  pasien  di klinik.

Pasien  kami  rawat  dengan memberikan infus cairan berhubung   kurang suka minum. Pada saat tengah malam  ketika  dilakukan pemeriksaan  ternyata  tekanan darah  penderita  mendadak turun  mencapai  50/30  mm Hg, nadi   meningkat dan disertai dengan demam 38 C dan  penderita tetap sadar  walaupun dengan tanda-tanda  syok  mulai  tiba.

Ini  merupakan  keadaan  emergensi dan  tindakan  yang  dilakukan  adalah  meningkatkan  pemberian cairan hingga   tekanan  meningkat   menjadi  tekanan  darah diatas  50  mm Hg( pada tekanan  dibawah  50 mm Hg  ginjal bisa macet dan gagal) dan pemberian  obat  paracetamol sebagai penurun demam.

Puji Tuhan.... pengobatan ini berhasil  dan  pasien  yang dalam keadaan  gawat ini  dapat diselamatkan jiwanya.  Pasien  dapat melewati masa kritis   dengue dengan  diatasinya syok hanya dengan pemberian cairan dan setelah beberapa  waktu kembali sehat.

Sekali lagi pengalaman kami  bahwa  pada penderita demam dengan dengue seandainya  penderita  bisa  minum dengan cukup paling tidak  3- liter sehari cairan oralit  dan  dapat melawati masa kritis  hari ke 5 -6 maka  kemungkinan  untuk pulih akan  lebih baik.

Anak-anak  dan  orang tua  dan mereka dengan obesitas  lebih rentan jika  terkena  dengue dan mudah mengalami komplikasi kecuali mereka bisa mendapatkan input cairan yang cukup.
 
Salam

R.F. Maulany
UN Clinic
Timor Leste
 
Revisi pola  demam  hampir sama dengan dengue 7 hari tetapi lebih menonjol nyeri di sendi-sendi  kecil(jari tangan, kaki, dll.) disebabkan oleh  virus alpa.

Sehingga  waktu pemeriksaan  test  dengue negatip  tetapi waktu dilakukan test Chikungunya +

Mungkin  masih nama yang asing  Chikungunya (bahasa Swahili artinya sakit  sendi sehingga jalan tertatih) yang berasal dari  Afrika   tetapi  penyakit telah ada  di  Asia   termasuk  di  Timor Leste dan  juga  Indonesia. Seringkali mengacaukan  diagnosa  dengue karena gejalanya mirip.

Di Afrika   juga  dikenal  dengan  berbagai nama  berbeda termasuk demam Onyong-Onyong  yang  disebabkan oleh  virus  dan  ditularkan  melalui  gigitan nyamuk  Aedes yang  terkenal itu.

 Kalau dengue  dikenal dengan  demam 7 hari dengan masa  kritis mulai  hari ke-4 hingga  6  maka  Chikungunya juga merupakan demam yang berlangsung juga selama  7 hari dan berbeda dengan adanya mengigil dan sakit tenggorakan serta nyeri sendi  pada sendi-sendi kecil, jari, lengan dan kaki..

Gejala  tidak beda dengan dengue  dengan adanya  demam, nyeri otot  terutama sendi seperti  rematik, sakit kepala, mata  silau karena radang  konjungtiva dengan komplikasi  terutama pada anak-anak  berupa  radang otak dan  selaput otak.

Pada  ibu yang hamil infeksi dapat  menjalar ke  bayinya dalam kandungan.

Seperti halnya  dengue  yang punya  4 tipe maka  Chikungunya  terdapat  3 jenis dan  mereka yang  telah  menderita satu  tipe akan kebal terhadap tipe yang bersangkutan.

Test untuk mengetahui  Chikungunya adalah dengan  dengan  mengukur  IgM(zat kekebalan  tubuh).

Pencegahan  adalah sama  dengan  dengue  dengan  mencegah perkembangbaikan nyamuk  Aedes.

Pengobatan  juga  sama dengan  Aedes,

Asupan cairan yang cukup dengan oralit paling tidak 3 liter/hari atau  kalau  tidak bisa minum  infus  cairan Ringer Lactate

Untuk demam  diberikan  Panadol  dan nyeri otot  Diclophenac

Jangan  diberikan aspirin karena akan  menimbulkan  penurunan  trombosit.

Istirahat

Juga seperti  halnya  Dengue  penderita selama masa demam  dapat menularkan kepada yang lain melalui  gigitan nyamuk  karena  itu hindarkan air bersih yang tergenang.

Salam dan doa,
Rudy Maulany
UN CLINIC
TIMOR LESTE


Revisi pola  demam  hampir sama dengan
 
Mungkin  masima yang asing yang berasal dari  Afrika   tetapi  penyakit telah ada  di  Asia   termasuk  di  Timor Leste dan  juga  Indonesia. Seringkali mengacaukan  diagnosa  dengue karena gejalanya mirip.

Di Afrika   juga  dikenal  dengan  berbagai nama  berbeda termasuk demam Onyong-Oyong  yang  disebabkan oleh  virus  dan  ditularkan  melalui  gigitan nyamuk  Aedes yang  terkenal itu.

Kalau dengue  dikenal dengan  demam 7 hari dengan masa  kritis  hari ke-4 hingga  6  maka  Chikungunya merupakan demam yang berlangsung 3 hari.

Gejala  tidak beda dengan dengue  dengan adanya  demam, nyeri otot  terutama sendi seperti  rematik, sakit kepala, mata  silau , bercak-bercak  dibadan dengan komplikasi  terutama pada anak-anak  berupa  radang otak dan  selaput otak.

Seperti halnya  dengue  yang punya  4 tipe maka  Chikungunya  terdapat  3 jenis dan  mereka yang  telah  menderita satu  tipe akan kebal terhadap tipe yang bersangkutan.

Test untuk mengetahui  Chikungunya adalah dengan  dengan  mengukur  IgM(zat kekebalan  tubuh).

Pencegahan  adalah sama  dengan  dengue  dengan  mencegah perkembangbaikan nyamuk  Aedes.

Pengobatan  juga  sama dengan  Aedes,
Asupan cairan yang cukup dengan oralit paling tidak 3 liter/hari atau  kalau  tidak infus  cairan Ringer Lactate

Untuk demam  diberikan  Panadol  dan nyeri otot  Diclophenac

Jangan  diberikan aspirin karena akan  menimbulkan  penurunan  trombosit.

Istirahat

Juga seperti  halnya  Dengue  penderita selama masa demam  dapat menularkan kepada yang lain melalui gigitan nyamuk  karena  itu hindarkan air bersih yang tergenang.

Salam
Rudy Maulany
Dr. CLINIC UN
Timor Leste
 
JUICE DAUN PEPAYA UNTUK OBAT DEMAM BERDARAH
[IKAMI-HENGKY SIDHARTA]

Berdasarkan pengalaman dari seorang anak laki-laki yang telah sembuh dari penyakit demam berdarah setelah sebelumnya mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter tranfusi darah. Ayah dari anak tersebut mendapatkan rekomendasi dari temannya tentang Juice Daun Pepaya Mentah. Setelah minum juice tersebut, trombosit temannya yang semula 45 dengan 25 liter tranfusi darah naik dengan cepat menjadi 135. Hal ini membuat dokter dan perawat terkejut. Bahkan keesokan harinya, temannya itu sudah tidak diberikan tranfusi lagi. Cara membuat Juice tersebut:♣ 2 helai daun pepaya dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain♣ Akan didapatkan 1 sendok makan per helai daun♣ Takarannya 2 sendok makan 1 kali sehari♣ Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena khasiatnya akan hilang♣ Ingat: hanya daunnya saja, bukan batangnya atau getahnya.♣ Rasanya memang pahit sekali, tetapi tetap harus diminum.

Pengalaman lain tentang juice daun pepaya mentah ini didapat oleh seseorang dengan kondisi yang sangat parah. Orang ini keadaannya sangat kritis, di mana paru-parunya telah mulai diisi air karena angka trombositnya yang sangat rendah.. Sampai-sampai dia kesulitan untuk bernafas. Dokter hanya bisa berkata bahwa kekebalan tubuhnya yang akan bisa membuat dia bertahan. Untungnya, ibu mertua dari pasien tersebut mendengar tentang juice daun pepaya mentah tersebut. Setelah diberikan kepada pasien, keesokan hari, trombositnya mulai naik dan demamnya mulai hilang. Juice itu terus diberikan dan 3 hari berikutnya dia dinyatakan sembuh.

Tolong sebarkan informasi ini karena belakangan ini banyak sekali kasus penyakit demam berdarah.Dengan kontribusi anda, banyak nyawa dapat diselamatkan !

Ingat, CEO PT. ASTRA saja gugur oleh DB belum lama ini...
 
BH-HMO <hmo-benny@mitrakeluarga.com> wrote: Subject: FW: [Pelita] Bila Anak Demam, Perhatikan Aktivitasnya
Date: Mon, 20 Jun 2005 16:35:40 +0700


Bila Anak Demam, Perhatikan Aktivitasnya
Dr Alan R Tumbelaka, SpA(K); UKK Infeksi dan Penyakit Tropis IDAI

HAMPIR setiap orang tua pernah merasakan adanya peningkatan suhu di tubuh putra-putrinya. Ketika diraba dahinya akan terasa panas. Kondisi demikian secara umum disebut dengan demam. Namun, apakah demam itu? Seberapa berbahayanya bagi seorang anak?

Demam terjadi bila pusat pengaturan suhu dalam badan kita (termostat), meningkatkan suhu tubuh di atas nilai normalnya. Termostat ini merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang disebut hipotalamus. Kalau suhu tubuh meningkat di atas 38 derajat Celsius, barulah disebut demam.

Secara normal suhu badan biasanya dapat berubah, lebih rendah pada pagi dan sedikit meningkat malam hari. Ketika demam terjadi, mungkin saja keadaan tidak berbahaya, tapi menguntungkan. Karena, sebenarnya saat itu merupakan upaya tubuh melawan infeksi kuman.

Dalam kondisi ini tidak semua demam perlu diobati. Hanya saja demam tinggi dapat berakibat ketidaknyamanan, serta mendorong terjadinya kekurangan cairan pada anak.

Kalau pada pengukuran termometer masih menunjukkan suhu di bawah 38,5 derajat Celsius, biasanya belum memerlukan pemberian obat penurun panas, kecuali anak gelisah. Tapi, kalau pada bayi usia kurang dari 3 bulan, harus ditangani secara khusus. Bila perlu segera periksakan ke dokter. Peningkatan suhu pada bayi muda sering merupakan tanda adanya infeksi berat.

Berbahaya tidaknya demam pada anak bisa dilihat dari aktivitasnya. Tidak serius bila si anak menunjukkan tanda-tanda tetap asyik bermain, tetap mau makan dan minum, sadar penuh dan masih sering tersenyum, warna kulit seperti biasanya, serta tetap baik keadaannya walaupun suhu sudah turun. Tapi, kondisi-kondisi tersebut tidak akan terjadi bila anak demam karena infeksi.

Demam sesungguhnya bukanlah sesuatu penyakit, melainkan hanya gejala dari suatu kondisi. Beberapa penyebab timbulnya demam antara lain:

1. Infeksi (Demam merupakan upaya perlawanan tubuh terhadap infeksi melalui sistem pertahanan alamiah tubuh manusia).

2. Pemakaian baju atau pembungkus badan yang terlalu ketat. (Anak atau khususnya bayi dapat menjadi demam bila terbungkus secara berlebihan atau berada dalam lingkungan panas. Karena, mereka belum mampu mengatur suhu tubuhnya).

3. Imunisasi (Hanya terjadi pada suntikan vaksin tertentu).

4. Pertumbuhan gigi (Kerap disebut sebagai penyebab timbulnya demam. Namun, biasanya tidak sampai melebihi 37,8 derajat Celsius).

Sedangkan cara untuk mengetahui kondisi anak sedang demam atau tidak, bisa melalui pengukuran termometer. Perabaan pada dahi memang memberikan kesan adanya peningkatan suhu badan. Tapi, setiap orang tua punya pengalaman berbeda soal ini.

Termometer (alat pengukur suhu) dapat membantu menetapkan adanya demam pada anak, bila diukur pada tempat dan melewati batas tertentu, misalnya di atas 38 derajat Celsius pada pengukuran di anus (rektal), di atas 37,5 derajat Celsius pada pengukuran di mulut, dan di atas 37,2 derajat Celsius pada pengukuran di ketiak.

Penanganan demam

Tinggi suhu tidak mencerminkan derajat beratnya penyakit yang ada. Anak dengan influenza atau infeksi virus lainnya dapat menyebabkan suhu tubuh naik tinggi (39-40 derajat Celsius). Tapi, tidak berarti penyakit tersebut berbahaya. Bahkan infeksi serius sering ditandai dengan suhu yang tidak terlalu tinggi. Pada bayi muda/baru lahir, sering ditandai dengan suhu di bawah normal.

Tapi bila anak menunjukkan sesak napas, atau tetap cepat kendati suhunya kembali normal, segeralah bawa ke dokter.

Tidak semua demam pada anak perlu diobati. Tapi bila anak terlihat tidak nyaman, pertimbangkan pemberian obat penurun demam seperti parasetamol, ibuprofen, atau dipiron. Kompres dengan air hangat/suam kuku, jangan gunakan air dingin atau alkohol. Gunakan baju dan selimut tipis. Bila terlalu tebal akan menghambat keluarnya panas badan. Pastikan suhu ruang/kamar cukup sejuk.

Berikan minum banyak untuk menghindari dehidrasi. Hindari yang mengandung kafein, kola atau teh, karena zat ini merangsang kencing lebih banyak. Bila muntah dan diare, tanya dokter apakah boleh ditambah cairan oralit. Jangan dipaksa makan bila ia tidak ingin, biarkan semaunya. Pastikan anak bisa beristirahat dengan cukup.

Segera bawa ke RS atau instalasi gawat darurat bila anak dengan demam menangis terus-menerus, sangat gelisah, lemas atau mengantuk dan sulit dibangunkan, keluar bintik merah di kulit, membiru pada bibir-lidah-kuku, ubun-ubun besar bayi membonjol, leher/kuduknya kaku, sesak napas serta kejang.

Untuk anak besar dengan demam kurang dari 40 derajat Celsius, hubungi dokter bila tidak bisa makan atau minum, sering muntah dan diare, dehidrasi, sakit menelan atau sakit telinga, anak tetap demam lebih dari 1 hari untuk usia 2 tahun atau kurang, atau 3 hari untuk anak lebih besar.(M-4).

 
Untuk  mengetahui  diagnosa dengue di  clinic  dapat dilakukan dalam waktu  15 menit mengunakan Dengue  duo Casette dan dapat diketahui apakah  penderita positip menderita untuk pertama kali ( maka garis IgM terlihat), atau  sudah  mendapat  dengue untuk  kedua kali(maka  garis IgG  terlihat).

Jenis dengue:

Dengue klasik dengan  gejala, demam, sakit  kepala  berat, nyeri otot, sendi dan adanya  bercak-bercak umumnya  pada mereka yang kena  untuk pertama kali. Kadang-kadang bisa  juga  timbul gejala  diare dan  muntah-muntah.

Dengue dengan perdarahan dan dengue dengan syok umumnya  merupakan  komplikasi pada merekayang menderita dengue  untuk kedua kalinya.

Dengen test dengue  ini dapat dibedakan apakah  dengue ini  pertama kali atau kedua kali.

Salam 
Rudy Maulany
UN CLINIC
TIMOR LESTE

nevia