gentasuri
 
Picture
Subject: Heart attacks and Hot Water  

 

 

 



A  very good article which takes two minutes to read.  I'm  sending this to persons I care about....... I hope you do  too!!!
Heart  Attacks And Drinking Warm Water
  
 
  
   
 

This  is a very good article. Not only about the warm water after your meal, but about    Heart  Attacks.  The Chinese and Japanese drink hot tea with their meals, not  cold water. Maybe it is time we adopt their drinking  habit while eating. 
                                                         
 
For those who like to drink cold water, this article is applicable to you. It is nice to have a cup of cold drink after a meal. However, the cold water will solidify the oily stuff that you have just consumed. It will slow down the  digestion. Once this "sludge" reacts with the acid, it will break down and be absorbed by the intestine faster than the solid food. It will line the intestine. Very soon, this will turn into fats and lead to cancer.  It is best to drink hot soup or warm water after a meal. 

Common  Symptoms Of Heart Attack...
 
A  serious note about heart attacks: You should know that not every heart attack symptom is going to be the left arm hurting
 . Be aware of intense pain in the jaw line. 
You may never have the first chest pain during the course of a heart attack. Nausea and intense sweating are also common symptoms. 60% of people who have a heart attack while they are asleep do not wake up.  Pain in the jaw can wake you from a sound sleep. Let's be careful and be aware.  The more we know, the better chance we could survive.
 


cardiologist says if everyone who reads this message sends it to ten people, you can be sure that we'll save at least one life. Read this and send it to a friend. It could save a life... So, please be a true friend and send this article to all your friends you care about.
 


Picture
Paragraph.

 
 
From: Herry Pudjianto <machintoser@ gmail.com>

Sent: Thu, March 11, 2010 3:06:35 PM
Subject: : MINUM ARANG TURUNKAN KOLESTEROL

 

Ada side notes yg perlu di perhatikan dalam mengkonsumsi activated charcoal:
-------

http://www.emedicin al.com/diseases/ highcholesterol. php

There are claims that charcoal lowers cholesterol levels. Do not
consume activated charcoal daily because it also absorbs the good
nutrients. Do not take charcoal with other medication.

http://www.vrp. com/articles. aspx?ProdID= 327

Activated charcoal is highly adsorbent; when it is ingested at the
same time as medication, supplements and foods it may decrease their
absorption and utilization. In addition, activated charcoal has a
natural tendency to cause constipation.

Sebagai tambahan:
Jumlah total HDL dan LDL tidak boleh lebih dari 200 dimana jumlah LDL
harus lebih banyak dari HDL dan HDL tidak boleh kurang dari 35.
Diluar guideline tsb, anda berada di 'risky' zone.

-Herry-
 
 
Subject: [ob] Re: OOT : MINUM ARANG TURUNKAN KOLESTEROL
>
> Dear Ines Alea dan teman2 OB
>
> Bersama ini saya mengucapkan terima kasih kpd Sdri Ines Alea yang telah sudi berbagi pengalaman 'ajaib'nya dengan arang untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
>
> Segera setelah membaca testimoni tsb, saya googling mengenai arang/charcoal. Setelah yakin dgn apa yang saya temukan & baca, maka saya pun memutuskan utk mencobanya kpd diri saya sendiri dan ibu saya.
>
> Berikut hasilnya :
> Ibu saya, setelah 8 hari minum arang tiap malam :
> Triglyserida : 148 --> 77, turun 47.97%
> LDL : 201 --> 159, turun 20.9%
> HDL: 45 --> 35, turun 10 poin (entah mengapa, HDL Ibu saya ini ikut turun, seharusnya HDL meningkat, mungkin krn faktor usia)
> Total kolesterol : 284 --> 209, turun 26.41%
> Ratio kolesterol(Total koles dibagi HDL): 6,31 --> 5,97, turun 5.38%
>
> Saya, setelah 12 hari minum arang :
> Triglyserida : 129 --> 94, turun 27.13%
> LDL : 168 --> 115, turun 31.55%
> HDL: 38 --> 56, naik 47.37%
> Total kolesterol : 232 --> 172, turun 25.86%
> Ratio kolesterol : 6,11 --> 3,07, turun 54.60%.
>
> Sungguh tak terkira, bahwa alam telah menyediakan hal yang begitu ajaib dalam bentuk yang paling 'hina' :)
> Bayangkan, arang gosong, hitam-legam, sangat murah, bisa didapatkan dimana saja, di seluruh dunia bahkan!
> Namun ternyata memiliki khasiat begitu besar, sangat aman (karena tidak bisa diserap oleh tubuh) dan sangat mudah digunakan.
>
> Silahkan teman2 OB dpt browsing ke situs:
> http://charcoalreme dies.com/  atau
> http://www.tpminist ries.org/ charcoal. htm
>
> Semoga sharing ini bisa membantu banyak saudara2 kita yg memiliki masalah yang sama.
>
> Regards,
> tommy
>
> --- In obrolan-bandar@ yahoogroups. com, Ines Alea <ines_alea@. ..> wrote:
> >
> > Dear OBers,
> > Â
> > Yang saya pakai adalah memakai arang batok kelapa (coconut sehell). Untuk menjaga kebersihan, bisa beli batok kelapa di pasar, lalu dibakar sendiri sampai jadi arang.
> > Â
> > Kalau ga sempat bisa beli arang batok kelapa yang juga dijual di pasar, lalu dibersihkan dengan cara dibakar ulang. Setelah itu, ambil sebagian arang, ditumbuk halus. Ambil kira-kira 8 gram (kemarin saya pake ukuran 3 sendok makan, tapi bisa ditimbang ulang kalau ragu), lalu saya rebus dengan 2 gelas air, tunggu mendidih sampe  kira-2 jadi 1 gelas air (150 cc).
> > Â
> > Minum anget-2 waktu mau tidur malam (pertimbangannya perut kosong waktu mau tidur). FYI, meski pertama agak jijik minumnya berhubung wujudnya yang hitam legam, tapi minum air arang ini seperti minum air putih biasa (tidak berasa tidak berbau).
> > Â
> > Lakukan tiap hari selama 1-2 minggu, kalau sudah baikan dosis arang agak dikurangi, misalnya jadi 1 sendok makan arang untuk 50 cc air. Dan lakukan secara rutin. Tapi mohon juga agar cara-2 makan diperbaiki. Hindari kuning telur (terutama telur puyuh) dan sea food, dan biasakan sedikit bergerak, minimal jalan kaki ( 1 km ) setiap hari.
> > Â
> > Maaf ga ada cara-2 kedokteran secara ilmiah, kemarin saya betul-2 kepepet dengan keadaan keluarga saya. Setelah membaca artikel tsb, saya praktekkan dengan cara di atas dan berhasil. Dan saya ingin berbagi untuk orang lain yang punya masalah sama dengan saya.
> > Â
> > Salam sehat ya.
 
 
 
Picture
Asunto: [IKAMI] MURAH, JELEK & HITAM TAPI BERKHASIAT  

Para dokter.. tolong kasih tahu kebenaran cerita di bawah ini...

 

 
Yang Murah, Jelek, Hitam ...

  Berawal dari suami yang pusing-pusing berkepanjangan, sama merasa sedikit pegal-pegal. Biasanya sih cuma gejala flu. Tapi dikasih obat flu dan pusing tidak sembuh, dikasih obat masuk angin tidak sembuh juga. Nah iseng-iseng cek darah ke laboratorium. Hasilnya gubrakkkkk …. kadar kolesterolnya 385.


Heran bin ajaib. Kenapa ya ? Padahal suamiku sangat memperhati- kan pola makanannya dan rajin berolah raga (meski tidak setiap hari sih). Tapi dia termasuk yang crewet banget sama makanan, harus ada sayur dan buah. Makan siang saja suka membawa rantangan dari rumah. Nggak mau jajan sembarangan. Makanya kita nggak menyangka sama sekali kalau pusing dan pegalnya gara-gara kolesterol. Nah pusingnya bertambah kenceng sewaktu dokter memberi resep obat penurun kolesterol yang moahallll. Kita sudah minta sama dokter supaya diberi obat yang generik saja. Eh si dokter bilang, “Obat bagus sama obat generik bedal-ah Pak. Kalau bapak mending pakai yang obat bagus saja, ini kolesterol 385 sudah sangat kritis, harus segera turun, kalau tidak efeknya bisa kemana-mana”. Duh nakut-nakuti saja tuh dokter !!!

Kebetulan hari itu tanteku telpon, cerita-cerita tentang Oom yang kena kolesterol juga, sampe ke 395. Dan obatnya yang mahal juga dari dr. X dari rumah sakit Y.  Kita sama-sama curhat, mengeluh, merasa jadi korban perdagangan obat antara para dokter dan perusahaan obat.

Aku jadi ingat di tahun berapa itu (waktu aku masih agak mudaan), temanku yang bekerja jadi medical rep., cerita kalau si dokter M sudah dapat poin yang bisa ditukar dengan mobil Kijang atau keliling Eropa untuk 2 orang. Ck ck ck ….. Enak banget deh yang jadi dokter, apalagi dokter yang sudah ngetop. Tidak tahu situasi sekarang, apakah masih sama atau sudah ada kebijakan dari Depkes kah ?

Karena tidak mau menyerah dengan keadaan (ingin suami sembuh dari kolesterol tetapi tidak mau bayar obat yang moahalllll), maka aku dan tante sama-sama cari obat kolesterol, caranya kasak kusuk kemana-mana (maklum prempuan) sama nge-browse di internet. Nah, ketemulah obat kolesterol macam-macam di situ. Dari alpukat, bawang putih, labu siam , akar seledri, dan buah belimbing. Nah yang paling aneh tuh yang kubaca dari majalah Trubus 12 Maret 2007, ditulis sama Vina Fitriani. Dikatakan disitu kalau arang bisa jadi obat kolesterol, kutipannya begini ya:

Arang sebagai pereduksi kolesterol dan penghambat penyakit dilansir oleh British Journal of Nutrition. Sejumlah pasien berkolesterol tinggi yang diberi konsumsi 8 g arang per hari turun 25% dari total kolesterol, 41% kolesterol jahat LDL (low density lipoprotein), serta melipatgandakan rasio HDL/LDL kolesterol. Itu karena arang menyerap penyumbat jantung dan melancarkan peredaran darah koroner.


Picture
Nah ini dia yang kucari-cari ! Aku sama tante hari itu juga langsung cari arang di pasar, digiling halus, direbus pakai air, terus para suami disuruh minum rebusan yang hitam legam itu. Ajaib lho dalam waktu kurang dari 10 hari saja, kolesterol Oom ku jadi 173. Sedang suamiku jadi 170.

Penasaran sama hasilnya yang spektakuler, tanteku juga coba ikut minum arang. Tangan dan kakinya yang kebas (mati rasa) karena kolesterol  jadi sembuh kembali setelah 5 hari. Masih penasaran, tetanggaku yang juga kedua tangannya kebas karena kolesterol aku kasih minum arang juga, hasilnya sembuh juga. Wah, hebat amat tuh arang.

Picture
Ada teman yang memberi tahu tentang Facebook arang obat ajaib (Bener lho aku tidak ada hubungan apa-apa sama Facebooker ybs), isinya kira-kira mengatakan kalau arang banyak manfaatnya untuk obat. Tidak menyangka ya ? Padahal kita suka kena syndrome : Yang murah pasti jelek, yang mahal pasti bagus. Sedangkan arang sudah sangat murah, tidak ada harganya, kesannya kotor (hitam legam begitu), apa sih bagusnya ? Paling-paling cuma buat bakar sate saja. Tapi ternyata dibalik ketidakberhargaannya dan kehitamannya (ngomong apaan sih?), tersimpan khasiat yang luar biasa.


Hidup arang ! Bye-bye kolesterol …..

 
 
Asunto: [IKAMI] Fwd: [Fwd: Nyamuk]  

 

Dari milis temen...bapak 2 dokter yang lagi tidur mungkin sudah pada bangun sekarang dan bersedia meluangkan waktunya untuk memberi tanggapan... ??? (obrolan soal kolesterol antara Bpk. EJ Indrawan, Athmam dan saya, beberapa waktu lalu sampai saat ini tidak mendapat tanggapan apapun).

It's true story (katanya)...

"Teman2, sekarang ada 1 penyakit baru, tetangga agak jauh tempat tinggal kami yg tinggal di jl. Gilimanuk - Perum Daan Mogot Baru, anaknya semalam meninggal, dia demam 5 hari. Terkena gigitan nyamuk yg nama penyakitnya Japanese Encephalitis.
Cuma demam 5 hari ortunya pikir cuma demam2 biasa, nggak taunya kemarin dilarikan ke rumah sakit PIK dia sudah nggak ketolong lagi, cairannya sudah menumpuk di otak, waktu disedot sama dokter, dokter bilang sdh terlambat. Anaknya umur 13 thn, SMP Kemurnian, tiap tahun dapat beasiswa, dan tidak pernah bayar uang sekolah walaupun ortunya kaya saking pintarnya. Ortunya nangis meraung2. Maka kita mesti waspada, kalo anak demam dikit harus langsung dibawa ke dokter".

Japanese Encephalitis. Ini ada link info-nya: www.dhpe.org/ infect/jpenceph. html:)


 


 
 
untuk uwak OTSA ingatkan

Meningitis adalah radang SELAPUT otak, tidak seberbahaya radang OTAK

tapi cacatnya lebih berat krn berbagai selaput yang terkena radang , jika menyembuh akan menjadi luka parut (scar) dan sifat "parut" akan mengkerut

shg otak atau saraf yang keluar dari otak akan terjerat-ikat, menimbulkan cacat klumpuhan atau hydrosephalus (pengumpulan cairan otak di dalam tengkorak)

sedikit tambahan info

Japanese encephalitis (JBE) adalah radang otak, penyebabnya adalah virus

reservoir virusnya adalah unggas dan Babi

yang menyebarkan ke manusia adalah nyamuk CULEX (biasa orang kita nyebut nya nyamuk got)

Kebiasaan nyamuk ini menggigit (mencari darah) pada malam hari

Virus Japanese encephalitis menyebar terbanyak di asia timur tenggara

kalo di jepang musim semi , kalo di asia tenggara ya spanjang musim

masa inkubasi penyakit ini 5 - 15 hari (artinya tubuh sdh di masuki virus tapi gejala atau laboratorium baru bisa terdeteksi setelah 5 - 15 hari).

hanya 1 dari 250 orang yang terinfeksi akan berkembang menggejala ke radang otak

tidak ada obatnya, tapi ada pencegahannya dg vaccination

di indonesia kasus tidak banyak krn reservoir nya sedikit,

tapi nyamuk culex banyak, jadi kalo sampai tiba di indonesia yang kebetulan banyak ternak babinya / unggasnya bisa terjadi outbreak

untuk mencegah gigitan nyamuk : obat nyamuk coil, atau electric mate, atau repelen lotion (kalo malam hari menghindarkan nyamuk CULEX, jika siang hari hindarkan nyamuk AEDES = penyebar DBD)

untuk mencegah nyamuk bertelur : kebersihan lingkungan dg mengalirkan air genangan got

smoga sedikit mencerahkan.

salam, j

 
 
Picture
VIVAnews - Penelitian mencari obat terbaik memerangi virus HIV tak pernah usai. Sebuah penelitian terbaru menemukan kimia alami dalam pisang dapat membantu melindungi wanita terhadap penularan seksual HIV.

Melalui tes laboratorium, peneliti AS menemukan sebuah senyawa kimia lektin yang diberi nama BanLec berpotensi menyamai dua obat HIV yang ada saat ini. Lektin, sebuah protein yang mengikat gula bisa mengidentifikasi dan menyerang virus dari luar. Cara kerjanya, lektin mengikat lapisan HIV-1 kaya gula gp120, dan Banlec memblok masuknya HIV ke dalam sel tubuh.

Para peneliti dari University of Michigan Medical School mengungkap hasil temuan BanLec bisa lebih murah dan sangat efektif sebagai komponen baru vagina mikrobisida. Laporan studi akan terbit dalam Journal of Biological Chemistry.

"Kendala obat HIV adalah virus bermutasi dan resisten, tapi hal itu lebih sulit terjadi saat virus HIV berhadapan dengan lektin," ungkap peneliti Michael D. Swanson seperti dikutip dari Healthday.

"Lektin mengikat gula di tempat berbeda pada lapisan HIV-1 dan diasumsikan akan bermutasi agar virus berada di sekitar mereka."


 
 
Asunto: [IKA

Subject: Juice Korma utk DBD (Demam Berdarah)

Barangkali bermanfaat.

Thanks and Best Regards,

Aris Munandar

PT SORINI CORPORATION TBK

Shipping - Logistik Dept.

Phone.0343-631776- 8 (669)

Juice Korma utk DBD
Sekali Lagi Soal Jus Korma

SEHUBUNGAN dengan masih banyaknya telefon pada kami, baik yang mengucapkan terima kasih atas kesembuhannya, maupun yang bertanya perihal cara pembuatan jus korma untuk penyembuhan demam berdarah, maka pada kesempatan ini kami menerangkan tata cara dan takarannya sebagai berikut:

Untuk yang telah positif DBD menurut dokter, ambil 500 gram korma, buang bijinya lalu diblender dicampur dengan 5 gelas air, sampai lembut.Kemudian minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis. Insya Allah dengan habisnya jus korma tadi, trombosit penderita normal kembali.

Itu yang terjadi pada 7 orang keluarga kami dan juga puluhan orang yang mengucapkan terima kasih pada kami setelah pemuatan pertama di "PR" pada tanggal 25 Januari lalu dari ratusan yang telefon. Juga alhamdulillah kami telah mengetahui kandungan yang ada pada setiap 100 gram korma.

Agar yang lebih berkompeten dapat mempelajari mengapa jus korma mujarab untuk mengobati demam berdarah, yaitu mineral (calsicum 52mg, iron 1,2 mg, magnisium 50 mg, phosphorus 60 mg, patassium 667 mg. sodium 13 mg choride 271 mg, sulphur 14,7 mg, manganese 4,9 mg, copper 2,4 mg, zinc 1,2 mg, cobalt 1,9 mg). Vitamin: vitamin A 90 IU, Tharmin B1 93 mg,
Ripovlavine B2 144 mg, Biotin 4,4 microgram, Folio Acid 5,4 microgram, Niacin 2,0 mg, Ascorbic Acid 6,1 mg, Glucose 38,5 gms, Fructose 35,5 gms, Other Sugars3,4 gms, Protein 2,35 gms, Fat 0,43 gms. Energi 323 cal. Demikian yang tertulis dalam dus korma.

> Info dari:
> Ahmad Said Joban
> Jln. A. Yani 862 Bandung
> Ph.(022) 727-4633
 
 
Cara praktis mengobati Flu

Flu merupakan penyakit ringan yang diakibatkan oleh virus influenza, penyakit ini juga merupakan alarm alam bagi tubuh kita bahwa tubuh sedang dalam kondisi tidak fit, karena sebenarnya bila kondisi kita sedang fit maka secara umum virus-virus dari luar tidak akan mudah menginfeksi tubuh kita karena akan tertahan oleh system kekebalan yang menjaga tubuh kita dari berbagai arah.

Sebenarnya tanpa kita sadari tubuh kita tiap detik selalu diserang oleh benda-benda asing dari luar (termasuk virus, kuman-kuman dan lain-lain), baik itu melalui udara, makanan atau kontak fisik dengan anggota tubuh kita.

Kondisi-kondisi yang dapat mengakibatkan tubuh kita tidak fit diantaranya: kurang istirahat/tidur, kurangnya cairan tubuh/ kurang minum, tidak seimbangnya gizi yang masuk, stress berlebihan secara fisik dan mental atau kurangnya kegiatan olahraga. Cuaca sebenarnya bukan merupakan faktor utama seperti yang biasa di salahkan orang tapi bisa sebagai faktor yang memperburuk keadaan.

Pada waktu anda terkena flu, berarti kondisi anda sedang tidak fit dan anda mungkin dapat merasakan apa penyebabnya. Seimbangkanlah tubuh anda bila memang anda menyadari adanya kekurangan, misalnya anda menyadari bahwa tubuh anda kurang tidur, maka istirahatlah, atau anda merasakan beban stress yang berlebihan berusahalah untuk mengurangi stress anda (tentunya hal ini tidak selalu mudah) dan kemudian yang paling penting lakukan jogging paling tidak 10 sampai 30 menit . Jogging ini dapat dilakukan baik pagi ataupun sore hari dan tidak masalah dilakukan meskipun tubuh kita sedang diserang flu. Jangan manjakan tubuh anda bila sedang flu ini malah akan memperburuk kondisi anda.

Jogging membuat aliran darah dalam tubuh anda lancar sehingga system kekebalan tubuh akan terpompa dengan sendirinya karena memang berasal dari sel-sel darah putih. Virus flu akan lama bercokol di tubuh anda bila anda hanya minum obat dan beristirahat.

JADI BILA ANDA TERKENA FLU JANGAN BURU-BURU MINUM OBAT APALAGI PERGI KE DOKTER,
SEIMBANGKAN TUBUH ANDA DAN LAKUKAN JOGGING. INSYA ALLAH, YOUR BODY SYSTEM WILL DO
THE REST.


 
 
JAKARTA-- Cuaca tak menentu seperti yang terjadi akhir-akhir ini, tak jarang membuat tubuh cenderung rentan terhadap pilek. Terlebih jika Anda tengah melakukan aktivitas padat.
 
Berbagai faktor seperti kecapaian, virus dan stres merupakan faktor yang paling sering menimbulkan infeksi pada tenggorakan dan hidung yang berakibat munculnya gejala pilek seperti hidung mampet, tenggorakan serak dan kepala terasa pusing.

Tentu saja hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi Anda yang memiliki jadwal yang padat. Namun, janganlah khawatir, Anda bisa memanfaatkan beberapa hal sederhana untuk mengembalikan vitalitas tubuh. Salah satu kuncinya yaitu dengan memanfaatkan waktu libur. Menurut Penulis Buku Air Penyembuh Ajaib, Herminia De Guzman-Ladion, ketika Anda sudah terserang pilek, usahakan Anda tinggal dirumah dan beristirahat. karena bekerja ketika
pilek akan mengakibatkan menambah parah derita bagi anda. Lagipula teman Anda akan lebih menghargai Anda untuk membatasi penyebaran virus.

Setelah Anda dipastikan tinggal dirumah, maka langkah selanjutnya, Anda benar-benar memanfaatkan waktu yang untuk tidur secara maksimal. Sehingga tubuh akan mendapat energi baru. Semacam penebusan atas kerja tubuh yang berlebih.

Namun perlu diingat, ketika Anda memtuskan beristirahat, jangan sentuh makanan yang mengandung gula seperti kue, es krim dan lainnya. Kandungan gula dalam darah akan menurunkan daya tahan tubuh anda terhadap infeksi. Justru anda disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, sari buah atau jus.

Selain itu, perbanyak konsumsi air putih. Jika dalam kondisi normal Anda mengkonsumsi 6 hingga 8 gelas sehari maka ketika pilek maka sebaiknya Anda meningkatkan konsumsi air hingga 10 gelas. Air dapat menghanyutkan virus dari tubuh Anda dalam berbagai bentuk seperti keringat dan air seni.

Pilek merupakan gejala penyakit yang mempunyai tahapan yaitu tenggorokan, kepala dan dada. Namun tahapan itu tidaklah berurutan. Bisa saja Anda terkena terlebih dahulu pada bagian kepala atau tenggorokan.

Jika Anda terlebih dahulu terkena pada tenggorokan, maka Anda dapat berkumur dengan larutan garam panas untuk meringankan gejalanya. Anda hanya siapkan segela air panas (80 derajat Celsius) dan setengah sendok teh garam. Kemudian larutan garam tersebut pada air panas dan berkumurlah selama lima menit. Sesudah itu Anda disarankan jangan minum air dingin. Lakukan 3 kali sehari.

Jika Anda sudah berkumur larutan garam, kemudian Anda siapkan sapu tangan yang telah dibasahi air dingin kemudian taruh dalam kain flanel kemudian lilitkan pada leher seperti saat mengompres kepala.

Namun, jika pilek yang anda derita berawal dari sakit kepala yang tak kalah menyiksa, yang Anda perlu lakukan hanyalah merendam kaki dengan menggunakan air panas. Dengan begitu darah akan lancar ke kepala sehingga bisa menghilangkan rasa sesak.

Selain itu, cara lain yang dapat digunakan yakni menghirup uap panas. yang perlu anda siapkan antara lain, kertas koran atau karton, kemudian masaklah air dengan menggunakan panci atau teko. Kemudian dekatkan lipatan kertas yang membentuk pipa tersebut dengan panci atau teko. Dengan menghirup uap air panas, hidung yang tersumbat akan hilang. Cara itu bisa dilakukan sehabis merendam kaki.

Jika Anda kurang beruntung terkena gejala pilek pada dada disertai batuk dan demam. Maka penggunaan panas pada dada akan menolong anda. Caranya cukup mudah, lakukan seperti yang Anda lakukan pada tenggorokan.

Pertama basuh kain dengan air panas, kemudian siapkan handuk untuk menutupi dada Anda. Kemudian taruh kain yang telah dibasuh air tadi keatas dada kemudian tutup dengan handuk tersebut. Biarkan hingga panas hilang. Jika perlu lakukan hal ini tiga kali sebelum tidur. Setelah selesai, bilas dengan handuk. Kemudian disarankan untuk segera tidur.

Namun dalam sepekan Anda belum juga sembuh. Kemudian timbul gejala-gejala lain yang perlu dicurigai maka segera hubungi dokter.
 

nevia